Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1444 H Akan Digelar Oleh Kemenag Pada 22 Maret 2023

Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1444 H Akan Digelar Oleh Kemenag Pada 22 Maret 2023

Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1444 H Akan Digelar Oleh Kemenag Pada 22 Maret 2023--

RADARUTARA.ID - Tidak terasa hanya tinggal menghitung hari umat muslim di seluruh dunia akan berjumpa dengan Bulan Suci Ramadhan 1444 H untuk menjalankan ibadah puasa.

Penetapan awal Ramadhan 1444 H akan ditetapkan melalui Sidang Isbat yang digelar oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementrian Agama (Kemenag), pada 22 Maret 2023.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menyampaikan dalam pers nya bahwa sidang isbat akan digelar seperti biasa yaitu pada tanggal 29 Syakban.

"Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadhan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu 22 Maret 2023," ucap Adib pada Rabu (08/03).

Adib menambahkan, Kemenag akan menggelar Sidang Isbat Awal Ramadhan tahun ini secara hybrid yaitu daring dan luring. 

Pelaksana rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadhan ini akan melibatkan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Komisi VIII DPR RI, Pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam dan sebagainya. 

Adib memaparkan rangkaian sidang isbat ini akan dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama, akan diadakan seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. Seminar ini akan dipaparkan oleh Tim Hisab Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 Wib dan terbuka untuk umum. 

"Sesi seminar yang terbuka untuk umum inilah yang digelar secara hybrid karena kapasitas ruangan yang terbatas," ucapnya.

Tahap kedua, pelaksanaan Sidang Isbat Awal Ramadhan 1444 H yang akan dilaksanakan secara luring setelah Shalat Maghrib dan tertutup untuk umum.

Sidang Isbat penetapan awal Ramadhan ini akan merujuk pada data hisab serta hasil rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada 123 lokasi di seluruh Indonesia. 

Adapun tahap ketiga ialah telekonferensi pers hasil sidang isbat yang makan akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media lainnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: