Berikut, Tanggal dan Tahapan Sidang Isbat Lebaran 2024

Berikut, Tanggal dan Tahapan Sidang Isbat Lebaran 2024

Berikut, Tanggal dan Tahapan Sidang Isbat Lebaran 2024 --

RADARUTARA.ID- Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menetapkan jadwal Lebaran Idul Fitri 2024 setelah melaksanakan sidang Isbat. Lalu kapan jadwal sidang Isbat lebaran 2024 digelar?

Seperti diketahui, sidang isbat adalah sidang yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia untuk menentukan awal bulan kalender Hijriah. Tujuannya, untuk memberi kepastian kepada masyarakat, khususnya umat muslim terkait waktu pelaksanaan ibadah, termasuk Hari Raya Idul Fitri. 

Nah, bagi yang ingin mengetahui kapan Lebaran Idul Fitri 2024 dilaksanakan, yuk simak jadwal sidang Isbat Lebaran Idul Fitri, berikut ini:

Jadwal Sidang Isbat Lebaran 2024

Dikutip dari lama Kemenag RI, Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, mengungkapkan, bahwa sedang isbat lebaran 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2024. Sidang, ini akan diadakan di Auditorium HM. Rasjidi, kantor Kemenag RI, jalan MH. Thamrin, Jakarta.

"Sebagaimana biasa, sidang isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadhan. Tahun ini, bertepatan dengan 9 April 2024," kata Kamaruddin Amin yang dikutip dari laman resmi Kemenag, Sabtu 6 April 2024, lalu.

BACA JUGA:5 Keutamaan Malam Takbiran Menuju Idul Fitri, Waktu Istimewa Umat Islam

Adapun, pelaksanaannya sendiri akan dilaksanakan secara tertutup. Berikut, ini jadwal sidang isbat lebaran 2024 selengkapnya:

-Hari/Tanggal: Selasa, 9 April 2024

-Lokasi: Auditorium H M Rasjidi Kementerian Agama, Jl M H Thamrin, Jakarta Pusat

-Sifat: Tertutup

-Pelaksanaan sidang isbat ini nantinya akan dihadiri oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

BACA JUGA:Apakah Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat secara Langsung?

Rangkaian Pelaksanaan Sidang Isbat Lebaran 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: