Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Menggunakan Kembali Botol Minum Air Kemasan

Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Menggunakan Kembali Botol Minum Air Kemasan

Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Menggunakan Kembali Botol Minum Air Kemasan--

Satu-satunya penelitian yang ada bergantung pada tes laboratorium yang memaparkan sel atau jaringan manusia ke mikroplastik atau yang menggunakan hewan pengerat.

BACA JUGA:Viral Wahana Halilintar Dufan Berhenti Tiba-tiba dalam Posisi Menanjak, Pengunjung Panik

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, hanya mikroplastik dengan ukuran partikel lebih kecil dari 1,5 μm (1,5 mikrometer) yang dapat dicerna atau diserap karena kelarutannya dan dikeluarkan secara langsung.

Partikel mikroplastik yang tertelan (<1,5 μm) dari air kemasan mampu bermigrasi melalui dinding usus dan mencapai berbagai jaringan tubuh, termasuk usus, hati, dan kelenjar getah bening.

Partikel kecil (<1,5 μm) yang memasuki sel atau jaringan dapat mengiritasi hanya dengan menjadi kehadiran asing yang menyebabkan peradangan jaringan paru-paru yang dapat menyebabkan kanker.

Bahan kimia ini telah dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti peradangan, genotoksisitas, stres oksidatif, dan kerusakan pada saluran pencernaan.

Bahan kimia yang dilepaskan dari bahan kemasan air kemasan sekarang dikenal sebagai polutan yang muncul dan bahan kimia pengganggu endokrin (EDC) yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk kanker dan cacat perkembangan.

Efek jangka panjang dari paparan mikroplastik pada kesehatan manusia belum sepenuhnya dipahami dan penelitian sedang berlangsung.

Tapi jelas saja semua itu memiliki potensi bahaya dan langkah-langkah harus diambil untuk membatasi paparan kita terhadap mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda menggunakan air kemasan sebagai sumber utama air minum, Anda harus berusaha meminimalkan gerakan mengocok botol dan juga membuka dan menutup botol yang tidak perlu, dan tidak disarankan untuk menggunakan kembali botol air plastik.

Penggunaan kembali meningkatkan laju abrasi permukaan bagian dalam, melepaskan partikel mikroplastik tambahan dari permukaan bagian dalam botol.

Penting juga untuk menyimpan botol di tempat yang sejuk dan kering untuk meminimalkan paparan panas dan sinar matahari.

Sinar matahari dapat mempercepat degradasi botol menjadi lebih rapuh sehingga menyebabkan lebih banyak pelepasan partikel mikroplastik.

Itulah alasan mengapa kita tidak boleh menggunakan kembali botol minum plastik. Mulai sekarang, harap segera membuang botol minum plastik ya moms. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: