Puskeswan Siapkan 4.000 Dosis Vaksin PMK untuk Sapi Hingga Domba

Puskeswan Siapkan 4.000 Dosis Vaksin PMK untuk Sapi Hingga Domba

Petugas Puskeswan Putri Hijau saat mendatangi ternak masyarakat untuk diberikan vaksin PMK--

PUTRI HIJAU, RADARUTARA.ID- Upaya pencegahan terhadap wabah virus PMK terus dilakukan oleh pemerintah.

Konkretnya, sebanyak 4.000 dosis vaksin PMK telah disiapkan oleh Puskeswan Putri Hijau dan mulai disuntikkan kepada seluruh ternak milik masyarakat di Kecamatan Putri Hijau dan Marga Sakti Sebelat (MSS).

Kepala Puskeswan Putri Hijau, Eri Zull, S.Pt, mengatakan. Meskipun wabah virus PMK telah reda. Namun langkah pencegahan tetap dioptimalkan oleh pemerintah.

Salah satu konkret yang diupayakan saat ini adalah dengan cara pemberian vaksin PMK kepada seluruh ternak milik masyarakat mulai dari Sapi, Kerbau, Kambing hingga Domba.

"Pemberian vaksinasi sudah kita mulai sejak beberapa hari terakhir. Sampai hari ini sedikitnya sudah ada sekitar 400 dosis vaksin yang kita berikan kepada ternak milik masyarakat di Kecamatan Putri Hijau," ungkapnya.

 

Dikatakan Eri, pemberian vaksin PMK kepada ternak ini akan dilakukan sebanyak dua dosis, yakni dosis I hingga dosis II. Dan pemberian vaksin ini hanya dilakukan kepada ternak yang sedang dalam kondisi sehat.

"4.000 dosis yang kita miliki saat ini dibagi untuk Kecamatan Putri Hijau dan MSS. Dengan rincian 2.000 dosis untuk vaksin ke I dan 2.000 dosis untuk vaksin ke II. Secara bertahap kami akan berikan dosis vaksin PMK ini dengan berkunjung ke desa-desa sesuai jadwal yang telah kita agendakan," demikian Eri. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: