Hati-hati, Tipe-tipe Manipulasi Psikologi Ini Sering Terjadi

Hati-hati, Tipe-tipe Manipulasi Psikologi Ini Sering Terjadi

Hati-hati, Tipe-tipe Manipulasi Psikologi Ini Sering Terjadi--

RADARUTARA.ID - Istilah manipulasi psikologi mungkin masih hal yang asing bagi sebagian orang. Namun tanpa disadari hal ini sering terjadi dengan mempermainkkan titik lemah emosi seseorang.

Manipulasi psikologi merupakan suatu gaya atau taktik untuk mempengaruhi pengetahuan sosial seseorang atau sekelompok  yang bertujuan untuk mengubah persepsi mereka secara licik dan kasar demi kepentingan si manipulator. 

Ada berbagai macam tipe manipulasi psikologi yang ada di lingkungan masyarakat, apa sajakah? Berikut penjelasannya!

1. Playing Victim

Playing victim ialah prilaku individu yang bersikap seolah-olah dirinya adalah korban dalam suatu persoalan dan bahkan menyalahkan orang lain. Terlebih yang biasanya menjadi sasaran untuk disalahkan adalah orang terdekat mereka. Sehingga akan terasa disudutkan dan harus bertanggung jawab atas apa yang dilakukan si manipulator.

2. Love Bombing

Tindakan seseorang yang berlebihan dalam memuji seseorang walaupun dalam kondisi yang baru kenal. Perlakukan ini bertujuan agar si penerima terus bergantung dan tak bisa lepas dari mereka. Karena sudah terlalu banyak menerima cinta dan perhatian dan akan merasa candu sehingga mudah dikontrol dan dimanfaatkan.

3. Gaslighting

Ini merupakan tindakan seseorang yang berbohong dan suka memutar balikan fakta. Manipulasi psikolofi dengan cara gaslighting bertujuan agar seseorang bisa terlihat lebih berkuasa dan mampu mengendalikan orang lain sesuka hatinya.

Kebohongan si manipulator bisa dideteksi dengan menggalinya menggunakan pertanyaan. Tidak hanya seklai tapi beberapa kali bahkan berulang kali.

4. Triangulation

Manipulasi psikologi selanjutnya ialah triangulation yang merupakan tindakan melibatkan pihak ketiga dalam sebuah permasalahan agar posisi si manipulator menjadi kuat.

Misalkan saja orang yang membencimu dan berusaha mengajak bahkan mempengaruhi orang lain agar juga membencimu.

5. Moving the Goalposts

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: