Heboh! Fenomena Tanah Arab Menghijau Dikaitkan dengan Tanda Kiamat, Ini Penjelasan Hadits Rasulullah

Heboh! Fenomena Tanah Arab Menghijau Dikaitkan dengan Tanda Kiamat, Ini Penjelasan Hadits Rasulullah

Heboh! Fenomena Tanah Arab Menghijau Dikaitkan dengan Tanda Kiamat, Ini Penjelasan Hadits Rasulullah--

RADARUTARA.ID - Heboh fenomena Tanah Arab Saudi menghijau dikaitkan dengan tanda-tanda kiamat.

Hal ini menjadi heboh setelah beredar sejumlah foto dan video penampakan daratan Mekkah, Arab Saudi yang menghijau, tak seperti wilayah gurun pasir. 

Berkenaan dengan video menghijaunya tanah Arab yang beredar tersebut, warganet mengaitkan fenomena alam ini dengan tanda-tanda kiamat.

Sebagaimana salah satu hadits Nabi yang menyebutkan salah satu tanda kiamat ialah tanah Arab mulai subur dengan tumbuhan hijau dan buah-buahan yang melimpah ruah.

BACA JUGA:Simak Penjelasan Ilmiah Terkait Tanah Arab yang Asri Menghijau

Bunyi hadits menghijaunya tanah Arab ialah:

"Hari kiamat tidak berlaku sehingga tanah Arab kembali subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai." (HR. Muslim).

Hadits ini mengindikasikan bahwa tanah Arab sebelumnya adalah hijau asri dan kiamat akan terjadi jika tanah Arab kembali seperti semula. 

Menurut Imam an-Nawawi Rahimahullah, makna kembali itu menjadi penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai ialah Wallahu a'lam-sesungguhnya mereka meninggalkan dan enggan (mengurusnya), sehingga tanah tersebut terabaikan, tidak ditanami juga tidak disirami dengan air.

Hal itu disebabkan oleh sedikitnya kaum pria, banyaknya peperangan, fitnah yang terus menerus terjadi, dekatnya Kiamat, pendeknya cita-cita dan tidak adanya kesempatan dan perhatian untuk hal itu. 

Dalam riwayat Abu Hurairah RA juga menyebutkan hal serupa tentang tanda kiamat:

"Rasulullah SAW pada suatu waktu bersabda: Tidak akan terjadi hari kiamat, sebelum harta kekayaan telah tertumpuk dan melimpah ruamh, hingga seorang laki-laki pergi ke mana-mana sambil membawa harta zakatnya, tetapi dia tidak mendapatkan seorang pun yang bersedia menerima zakatnya itu. Dan sehingga tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padan-padang rumput dan sungai." (HR. Muslim)

Tanah Arab yang 70 persen wilayahnya terdiri dari gurun pasir gersang dan tandus akan menjadi hijau dan sungai-sungai bermunculan saat mendekati hari kiamat. 

Dalam salah satu vidio ceramah Ustadz Rahmat Baequni di kanal youtube Hadits TV, Ia menyebutkan pada tahun 2018, tanah Arab juga menghijau dan turun hujan berupa kristal es.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: