Ciptakan Lulusan Siap Berkompetisi, UPER Bekali Pengalaman Internasional

Ciptakan Lulusan Siap Berkompetisi, UPER Bekali Pengalaman Internasional

DOK/RU - Mahasiswa UPER saat melakukan pertukaran pelajar (Student Exchange) di UTP, Malaysia.--

BENGKULU RU.ID - Universitas Pertamina (UPER) memberikan pengalaman inernasional bagi mahasiswanya, yang bertujuan agar lulusan UPER berkualitas dan siap berkompetisi terutama dalam dunia kerja. Demikian disampaikan Rektor UPER, Prof. Ir. IGN Wiratmaja Puja, Ph.D. Menurutnya, ada beberapa metode untuk membekali pengalaman internasional pada mahasiswa.

"Diantaranya kita menyiapkan program Student Exchange Multiple Partners, yakni skema belajar selama satu hingga dua semester di kampus unggulan mancanegara, dengan tak kurang dari 27 mitra universitas kenamaan dunia di berbagai benua. Kemudian ada juga program Dual Degree, memberikan gelar ganda," ungkap Wiratmaja, Rabu (29/6).

Dual Degree ini, lanjut Wiratmaja, skemanya belajar dua tahun di UPER dan dua tahun di salah satu kampus mitra seperti Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia dan Minnesota State University, Amerika Serikat.

"Terakhir Flash Track yang merupakan program percepatan studi dengan skema belajar empat tahun di UPER dan satu tahun di UTP, Malaysia Multimedia University, dan Nantes Université, Perancis," jelasnya.

Sementara, mahasiswa UPER yang pernah mendapatkan pengalaman internasional, Azka Rohbiya Ramadani, Kamila Fakhra Fahima, dan Pavita Khansa Bahano mengatakan, dengan pengalaman itu dapat meningkatkan kemampuan interpersonal, pribadi yang adaptif, fleksibel, open minded, dan membuka peluang global networking.

"Sehingga program yang kita ikuti, mendorong peningkatan kemampuan secara pribadi, dengan dilibatkan pada berbagai proyek atau kegiatan kemahasiswaan. Kemudian juga membatu kita dalam mengembangkan jejaring di lingkup internasional," singkat Azka diamini kedua rekannya yakni Kamila dan Pavita. (tux)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: