Dr Setiawan Putra Pahlawan Bengkulu Berpulang

Dr Setiawan Putra Pahlawan Bengkulu Berpulang

Oleh: Agustam Rahman

TURUT BERDUKA CITA
ATAS WAFATNYA DR. BAMBANG SETIAWAN, M.Si. BIN KOLONEL SANTOSO

DR. IR. HIDAYATULLAH SJAHID, MM, IPU
BUPATI KEPAHIANG-BENGKULU.


BEGITULAH tertulis ucapan duka cita yang terpasang di depan rumah duka yang terletak di Perumahan Sidoarum, Jalan Alpokat Nomor 8, Blok 2 Godean,
Sleman l, Yogyakarta.

Siapakah sebenarnya Dr. Bambang Setiawan,MSi? Sampai-sampai Bupati Kepahiang- Bengkulu secara khusus sehabis maghrib tadi, Kamis, 10 Maret 2022 meminta saya melalui Bang Emong Suwandi untuk mengurus karangan bunga tanda turut berbela sungkawa.

Dr. Bambang Setiawan adalah putra sulung Kolonel Santoso seorang Pejuang Kemerdekaan yang gugur saat menyerang markas Jepang di Kabupaten Kepahiang tanggal 23 November 1945.

Semasa kuliah, Dr. Bambang Setiawan aktif di Perkumpulan Pemuda Pelajar Bengkulu Yogyakarta (P3B) dan turut membidani group musik Gading Cempaka yang pernah tampil di Hotel Indonesia di Jakarta.

\"Saya teringat ketika ayah melambaikan tangan saat akan berangkat menyerang Jepang dan ternyata itu perpisahan kami untuk selamanya,\" kata Dr. Bambang Setiawan dalam wawancara khusus dengan Emong Soewandi pertengahan 2021 lalu.

Darah pejuang mengalir deras pada Dr. Gunawan Setiawan, hal itu dibuktikannya dengan ikut ambil bagian saat membebaskan Papua dari cengkeraman Belanda ketika Soekarno meneriakkan Trikora.

Sebelumnya tanggal 20 Maret 2021 yang lalu Dra. Sri Pertiwi, MA, anak bungsu Kolonel Santoso juga telah meninggal dunia di kediamannya di Jakarta.

Sekarang hanya tersisa anak tengahnya saja yaitu Prof. Dr. Gunawan, M.Pd., saat ini guru besar di Universitas Sarjanawiyata Yogyakarta.

Semoga Prof. Gunawan diberkahi kesehatan. Apalagi, tanggal 10 November tahun 2022 ini, akan ada pemindahan makam Kolonel Santoso dari Pemakaman Umum Pasar Ujung Kepahiang ke Makam Pahlawan Kepahiang.

Tentu sangat diharapkan Prof. Gunawan dapat hadir mewakili keluarga besar Kolonel Santoso.

Selamat Jalan Dr. Bambang Setiawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: