Soal Penampakan Harimau di Gembung Raya, Begini Kata BKSDA

Sabtu 17-08-2024,11:39 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

NAPAL PUTIH, RADARUTARA.ID- Peristiwa penampakan Harimau Sumatera di wilayah Desa Gembung Raya, Kecamatan Napal Putih, Bengkulu Utara telah direspon oleh BKSDA Bengkulu.

Sejak penampakan Harimau Sumatera di wilayah Desa Gembung Raya, itu dilaporkan.

Pihaknya sudah turun ke lapangan dan melakukan penelusuran terhadap jejak Harimau Sumatera yang sempat menampakan diri tersebut.

"Ada dua wilayah yang dilintasi oleh Harimau disana. Diantaranya wilayah yang masuk di dalam kawasan dan wilayah yang berada di luar kawasan seperti di lingkungan sekolah dan perkebunan PT JOP," ungkap Mustadin, Sabtu (17/8).

BACA JUGA:Basarnas Diterjunkan untuk Memperluas Pencarian Korban Hanyut di Napal Putih

BACA JUGA:Masyarakat Diminta Waspadai Hoax Jelang Pilkada 2024, Kapolsek Ketahun: Jangan Saling Adu Domba!

Untuk penanganan selanjutnya kata Mustadin, pihaknya masih memerlukan arahan atau petunjuk lebih lanjut dari pimpinan, khususnya penanganan terhadap wilayah yang berada di luar kawasan.

"Kalau yang diluar kawasan bisa kita pasang perangkap, tapi kita masih menunggu petunjuk dari pimpinan. Sedangkan untuk wilayah yang masuk di dalam kawasan tidak bisa kita pasang perangkap, karena itu sudah diatur oleh undang-undang," jelasnya.

Lebih jauh, kata Mustadin, peristiwa penampakan Harimau Sumatera di wilayah Gembung Raya tersebut masih dalam pantauan pihaknya.

"Jika sudah ada petunjuk dari pimpinan kita akan lakukan pemasangan perangkap khusus untuk Harimau yang melintas di areal luar kawasan. Sementara ini kita minta kepada masyarakat setempat untuk berhati-hati dan waspada," demikian Mustadin.

Kategori :