Tips Masak Nasi Putih yang Sehat dan Rendah gula, dr Zaidul Akbar : Cukup Campurkan Bahan Ini

Jumat 07-06-2024,14:08 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia, bahkan ada anggapan kalau belum makan nasi rasanya belum sah makan.

Walaupun sangat mengenyangkan, tetapi mengonsumsi nasi bisa memicu naiknya kadar gula darah sampai berujung diabetes.

Karbohidrat di nasi putih dipecah menjadi glukosa di dalam tubuh. Hal inilah yang menjadikan kadar gula dalam darah bisa meningkat ketika terlalu banyak mengonsumsi nasi putih. Selain risikonya akan menganggu kesehatan, beberapa orang lantas masih merasa berat untuk tidak mengkonsumsi nasi.

Kalau kondisinya seperti itu, maka bagaimana cara terbaik mengkonsumsi nasi demi mencegah kenaikan gula darah?

Ahli kesehatan sekaligus pendakwah yang sering memberikan informasi seputar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar dalam sebuah kajian dakwahnya mengungkapkan cara terbaik mengonsumsi nasi putih sehingga gula darah tidak melonjak.

BACA JUGA:3 Dzikir Andalan untuk Orang Sakit, Memohon Kesembuhan kepada Allah SWT

Adapun cara yang dimaksud yaitu dengan menambahkan lemak ketika kamu mengonsumsi nasi.

"Kalau kamu makan nasi dan belum bisa meninggalkan nasi, maka carilah atau tambahkan lemak di nasimu," ujar dr Zaidul Akbar.

Adapun lemak yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu virgin coconut oil (VCO), minyak zaitun, kelapa parut dan juga biji-bijian.

"Sehingga di nasi itu kamu campurkan dengan VCO, minyak zaitun, biji-bijian, kelapa parut agar dia ada tambahan lemaknya," lanjutnya. 

Kata dr Zaidul Akbar, penambahan lemak di dalam nasi sangat bagus. Kombinasi yang pas antara karbohidrat dan lemak dipercaya tidak akan menyebabkan gula darah jadi melonjak. 

"Jadi saat karbo ketemu dengan lemak itu bikin tubuh kita bagus tidak membuat gula darah menjadi melonajak," tutupnya.*

Kategori :