4 Cara Mudah Menghilangkan Noda Gosong di Rice Cooker, Bisa Kinclong Seperti Baru

Sabtu 17-02-2024,09:32 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Salah satu masalah yang sering terjadi pada rice cooker yaitu kerak nasi atau bahkan kerak gosong yang menempel di bagian dasar panci. Tak perlu cemas, apalagi buru-buru beli yang baru, kamu bisa mencoba cara membasmi noda gosong di rice cooker.

Cara membasmi noda gosong di rice cooker disarankan memakai bahan-bahan alami yang tidak berbahaya untuk tubuh.

Ada beberapa bahan yang aman dan bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah pada rice cooker. Berikut ini beberapa cara membasmi noda gosong di rice cooker supaya bersih dan terlihat seperti baru lagi:

BACA JUGA:Hasil Hitung Suara, Ini Real Count Caleg DPRD Bengkulu Utara Dapil II Padang Jaya, Giri Mulya dan Air Padang

1. Baking soda

Cara menghilangkan kerak gosong di rice cooker dengan baking soda pun cukup gampang, serupa dengan penggunaan asam sitrat.

Pertama, campurkan baking soda dan air hingg berbentuk pasta. Lalu, oleskan di bagian gosong pada rice cooker. Tunggu sekitar 5 menit, kemudian bersihkan dengan lap. Ulangi kalau perlu.

2. Cuka

Cuka mempunyai sifat asam dan dapag digunakan sebagai pembersih alami. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan mengoleskan cuka  secara merata di lapisan kerak pada rice cooker. Lalu, tunggu sekitar 15-30 menit dan usap menggunakan spons atau kain lap.

Jika cara menghilangkan kerak gosong pada rice cooker dengan cuka belum juga bersih sempurna, coba ulangi lagi. Cobalah untuj mencampurkan cuka dan baking soda. Hasilnya, larutan akan lebih gampang mengangkat kerak ataupun noda yang membandel.

BACA JUGA:4 Keutamaan Menikah di Hari Jumat, Hari yang Paling Dianjurkan

3. Jeruk nipis

Air jeruk nipis juga mempunyai kemampuan dalam membersihkan kerak gosong di rice cooker.

Caranya dengan mengiris jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu usapkan pada noda gosong di rice cooker. Usap terus secara berulang kali hingga nodanya hilang dan lalu dibersihkan.

4. Asam nitrat

Kategori :