Selain Citrun dan Pasta Gigi, Begini Cara Mudah Bersihkan Rice Cooker Berkerak dengan Bahan Dapur

Selain Citrun dan Pasta Gigi, Begini Cara Mudah Bersihkan Rice Cooker Berkerak dengan Bahan Dapur

Selain sitrun dan pasta gigi, begini cara mudah bersihkan rice cooker berkerak dengan bahan dapur--

RADARUTARA.ID - Ketika hendak menanak nasi, rice cooker selalu kita andalkan karena penggunaannya yang cukup praktis. Selain itu, rice cooker juga membuat proses menanak nasi menjadi lebih cepat.

Tetapi seiring penggunaanya, rice cooker juga berpotensi menjadi kotor. Apalagi ketika digunakan secara terus menerus untuk menanak nasi, biasanya noda air hingga butiran nasi yang tidak langsung dibersihkan akan berubah menjadi kerak. Nah, kerak inilah yang akan membuat tampilan rice cooker menjadi kusam dan kotor.

Lama-kelamaan, kerak tersebut bisa memengaruhi kinerja dari rice cookermu. Nasi yang dihasilkan juga menjadi lebih cepat basi lantaran ada banyak bakteri dari noda kerak tersebut. Pastinya kamu tidak ingin nasi cepat menjadi basi dan dibuang dengan percuma, bukan?

BACA JUGA:Daftar Harga Hp Terbaru Rp1 Jutaan di November 2023: Oppo, Realme, Vivo Hingga Xiaomi

Lalu bagaimana mengatasi masalah tersebut? Beberapa orang biasanya akan membersihkan rice cooker menggunakan bahan khusus.

Daripada menggunakan sabun, ada yang memilih menggunakan sitrun ataupun pasta gigi. Pasalnya, kedua bahan ini dipercaya bisa mengangkat noda kerak yang membandel sekalipun, contohnya noda gosong. Tapi apakah kamu tahu sebenarnya ada bahan lain yang bisa kamu gunakan.

Hal ini pernah juga dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok @quetez_hazel19 melalui unggahan videonya. Dalam video tersebut, dirinya mengaku bahwa rice cooker miliknya penuh dengan kerak lantaran jarang dibersihkan.

BACA JUGA:27 Produk Susu UHT Pro Palestina Ini sedang Diskon Besar-besaran di Alfamart, Minat?

Kemudian untuk membersihkan rice cooker, dia hanya mengandalkan dua bahan dapur, yang terdiri dari sabun cuci dan baking soda. Jadi kedua bahan ini hanya perlu dicampur menjadi satu di wadah kecil.

Dengan takaran sabun cuci piring lebih banyak dibanding dengan baking soda. Setelah itu, pengguna TikTok tersebut kemudian melarutukan kedua bahan yang telah disiapkan tadi dengan sedikit air panas.

Dengan cara seperti ini, cairan pembersihnya akan jauh lebih gampang diaplikasikan dan bisa langsung terserap ke noda keraknya. Kalau cairan pembersih sudah siap, langsung aplikasikan ke semua bagian rice cooker.

Kamu bisa menggunakan bantuan sikat gigi bekas agar pengaplikasinnya bisa lebih merata. Lalu sambil diberi sabun, gosok-gosok permukaan rice cooker, pada bagian luar dan dalam.

BACA JUGA:Wabah Pneumonia di China Serang Anak-anak, Yuk Kenali Gejalanya

Kalau ada noda kerak yang keras, kamu bisa menambahkannya dengan sabun. Kemudian diamkan selama beberapa menit supaya keraknya melunak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: