Jangan Pelihara 6 Tanaman Ini di Rumah, Tampilannya Indah tapi Beracun

Selasa 23-01-2024,15:34 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Jangan kira semua tanaman indah itu baik, justru sebagian tanaman paling cantik dan indah sekalipun, bisa mematikan. Kok bisa? 

Iya, semua tanaman dan bunga harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum menanamnya di halaman rumah. Karena kandungannya berisiko bahaya bagi anak atau peliharaan Anda. 

Dilansir dari House Beatiful pada Selasa 18 Januari 2024, ada beberapa tanaman yang kelihatannya cantik, tapi sebenarnya tanaman beracun dan berbahaya bagi tubuh.

BACA JUGA:Miris, Usai 'Main' dengan PSK Kakek 70 Tahun Ini Tewas di Tempat

Lebih jelasnya, berikut ini 6 jenis tanaman cantik tapi beracun dan tidak layak untuk dipelihara. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Oleander

Bunga ini sering berada di semak dan sering terlihat di daerah iklim hangat. Walaupun terlihat cantik, tanaman ini memiliki racun pada daun dan bunganya yang mengandung glikosida jantung beracun.

Bunga ini dapat memicu sakit perut, liur berlebih, bahkan kematian, satu helai daun saja bisa berakibat fatal apalagi kepada anak kecil. Jadi jangan perna kamu memelihara tanaman ini walau terlihat cantik yaa.

2. Hogweed

Tumbuhan ini satu keluarga dengan wortel atau peterseli dan memiliki ketinggian sekitar 15-20 kaki dewasa dengan lebar daun hingga 5 kaki dengan batang tebal dan bunga serupa seperti payung putih.

Bunga jenis, ini memiliki kandungan furanocoumarin pada getahnya. Dan jika mengenai kulit dan terkena sinar matahari bisa memicu peradangan kulit yang parah dan bisa melepuh yang menyakitkan. Lepuh ini dapat berlangsung berbulan-bulan dan menjadi sensitif dalam jangka panjang ketika menghadap sinar matahari.

BACA JUGA:7 Weton Paling Hoki dan Pintar Mencari Cuan, Rezekinya Tak Pernah Seret

3. Foxglove

Tanaman ini populer dengan bentuknya yang cantik, tetapi dibalik kecantikannya seluruh tanaman ini mengandung glikosida jantung, termasuk digoksin dan digitoksin. Kandungan ini bisa berakibat fatal bagi manusia dan hewan peliharaan seperti memicu gagal jantung atau kematian.

4. Nightshade

Kategori :