12 Manfaat Konsumsi Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh, Obati Asma hingga Diabetes

Kamis 18-01-2024,13:18 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Banyak yang tidak tahu tentang manfaat apa bila mengkonsumsi bawang putih tunggal. Selain rasanya yang enak, manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan tubuh juga tak boleh dilewatkan. Karena bawang putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh, diantaranya bisa mengobati asma dan diabetes. 

Bawang putih tunggal sendiri, memiliki ukuran kecil sekitar 2-5 cm, memiliki rasa dan aroma yang kuat. Untuk kulitnya berwarna keunguan dan hanya terdiri dari satu siung saja. 

Dan jumlah panen bawang putih tunggal, ini sendiri tidak terlalu banyak. Sehingga membuatnya sering diawetkan dengan cara di acar. Maka tidak heran, apa bila banyak orang yang menjual bawang putih tunggal dalam bentuk acar dari pada dijual segar. 

Mungkin sebagian dari kita pernah melihat bawang putih tunggal seperti bawang putih pada umumnya. Padahal bawang putih tunggal adalah obat yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. 

BACA JUGA:SocialSpy WhatsApp, Aplikasi Populer yang Bisa Sadap dan Lacak Akun WA Secara Rinci, Begini Cara Gunakannya

Lebih detailnya, berikut ini penjelasan tentang manfaat bawang putih tunggal yang berhasil dirangkum oleh Radarutara.id dari berbagai sumber pada Kamis 18 Januari 2024. 

1.   Meningkatkan Stamina

Bawang putih tunggal mampu menjadikan otot dan jantung bekerja lebih efektif, sehingga olahraga akan lebih maksimal. Selain itu, bawang putih tunggal juga dapat menjadikan kita lebih produktif dan tidak mudah lelah.

2.   Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang putih tunggal mengandung enzim alliinase dan alliin yang bisa menangkal virus. Sehingga jika kita rutin mengonsumsinya dapat memperkuat daya tahan tubuh.

3. Mengobati Sakit Gigi

Bawang putih tunggal juga dapat menyembuhkan sakit gigi. Sifat antiseptik dalam bawang putih tunggal dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi, sehingga nyeri dapat teratasi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengunyah bawang putih tunggal saat sakit gigi. Senyawa allicin dalam bawang putih tunggallah yang bisa membunuh kuman penyebab sakit gigi.

BACA JUGA:Rekomendasi Aki Mobil Ramah Dikantong dan Tips Memilih Aki Mobil Agar Tak Gampang Soak

4. Mengobati Diabetes

Bawang putih lanang memiliki sifat hipoglikemik yaitu bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Cara mengobati diabetes dengan bawang putih lanang adalah dengan menggepreknya terlebih dahulu, lalu dikunyah. Selain itu, kita juga bisa mencampurnya dengan madu sebagai penambah rasa namun pastikan agar madu tersebut adalah madu asli rendah gula.

Kategori :