11 Senjata Sakti Mandraguna dalam Kisah Pewayangan Jawa

Senin 08-01-2024,13:25 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

Panah pasopati adalah pusaka milik Raden Arjuna. Kesaktian yang ada pada panah pasupati yaitu, apabila dilepaskan untuk membidik tidak akan pernah meleset. 

Sesuai dengan namanya pas berarti tepat dan pati merupakan akhir hayat apabila terkena seseorang, maka bisa dipastikan orang yang terkena senjata itu akan mati.

7. Panah Kuntowijoyo Danu

Panah ini adalah pusaka milik Adipati Karno. Dan merupakan panah terbesar di antara panah-panah yang lainnya. Kesaktian yang ada pada panah kuntowijoyo danu adalah, apabila untuk membidik dan disebutkan siapa namanya bisa dipastikan mengenai sesuai dengan yang disebutkan.

8. Panah Cundomane

Panah Cundomane adalah pusaka milik Resi Dorna yang diwariskan kepada Raden Aswotomo. Disebutkan bahwa kesaktian yang ada pada panah Cundomane ini adalah apabila dihantamkan ke gunung bisa meletus dan longsor dan apabila dilepaskan ke samudra bisa surut.

BACA JUGA:Sinden Gaib Trenggalek, Kisah Mistis Berasal dari Alam Gaib yang Diangkat ke Layar Lebar, Berikut Faktanya

9. Pusaka Nenggolo 

Pusaka ini adalah pusaka milik Prabu Bolodewo Tenggoro. Pusaka itu berwujud tombak kesaktian. Adapun kelebihan dari pusaka Nenggolo ini yaitu mampu menentukan mana yang baik dan mana yang buruk. Disebutkan juga bahwa pusaka Nenggolo ini mampu meletuskan gunung 

10. Godo Rujak Polo

Pusaka ini adalah pusaka milik Raden Werkudara. Kesaktian yang ada pada godo rujak polo ini jelas tidak diragukan lagi, karena dengan cara digelindingkan saja sudah mampu memporak-porandakan satu pasukan perang.

11. Godo Inten 

Godo Inten adalah pusaka milik Raden Wisanggeni. Disebutkan bahwa goto intan ini adalah senjata pamungkas yang digunakan untuk melawan Batoro Durgo dan Batoro kolo.*

Kategori :