Hindari dari Sekarang, Ini 6 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Bagi Penderita Asam Lambung

Rabu 29-11-2023,21:24 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Penderita asam lambung umumnya akan lebih waspada dalam memilih jenis makanan, terutama sayuran.

Umumnya sayuran yang tidak boleh dikonsumsi adalah yang menghasilkan gas di usus. Meskipun memiliki segudang nutrisi, sayuran ini malah akan memperburuk gejala GERD bagi penderitanya.

Kandungan tertentu, seperti serat, raffinose, pati, sampai fruktosa yang ada di dalam sayuran, bisa memicu munculnya gas di dalam usus. Akibat penumpukan gas yang berlebihan inilah yang nantinya akan memperburuk gejala penyakit asam lambung.

BACA JUGA:Sering Dikira Tanggung Jawab Ibu Dalam Mendidik Anak, Ternyata Dalam Islam 9 Peran Ini Tanggung Jawab Ayah

Itu sebabnya, berikut ini deretan sayuran yang tidak boleh dimakan bagi penderita asam lambung diantaranya:

1. Bawang bombai

Kamu harus membatasi makan bawang bombai jika kamu menderita penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan bawang bombai bisa memicu naiknya asam lambung hingga menyebabkan heartburn.

Bahkan, bawang bombai juga mengandung fruktosa yang dapat memicu pembentukan gas di dalam usus, kemudian menyebabkan perut menjadi kembung. 

2. Bawang putih

Bawang putih mempunyai pH yang asam, sehingga kalau mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan keasaman lambung yang akhirnya memicu GERD. Ho inilah yang menyebabkan gejala asam lambung naik, apalagi kalau kamu mengonsumsi bawang putih mentah.

BACA JUGA:Honisuit, Meriam Terbesar Kedua di Asia Ternyata ada di Bengkulu!

3. Kol

Dalam sayur kol terkandung gula rafinosa yang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Ketika mencapai usus, rafinosa akan dipecah oleh bakteri baik. Tetapi, hasil pemecahannya akan menghasilkan karbon dioksida, hidrogen, dan juga metana.

Produksi gas yang berlebihan inilan yang menyebabkan munculnya keluhan perut kembung hingga sendawa yang bisa memperburuk gejala penyakit asam lambung yang kamu alami.

4. Kembang kol

Kategori :