Engga Hafal Doa Qunut? Ini Gantinya dan Dianjurkan Dibaca Saat Sholat

Jumat 17-11-2023,03:05 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Pengganti doa qunut harus kamu ketahui jika belum menghafal doa qunut. Doa qunut subuh ini merupakan hal sunah menurut mazhab syafi’i dan maliki. Dasar dari pendapat tersebut merupakan hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik: 

"Rasulullah SAW selalu melakukan qunut ketika sholat subuh hingga beliau meninggalkan dunia," (HR. Ahmad). 

Seperti kalian ketahui, bacaan doa qunut subuh bisa dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir, ketika posisi berdiri dengan gerakan iktidal. Jika salat subuh dikerjakan secara berjemaah, imam disarankan untuk mengeraskan suara ketika membaca doa qunut subuh ini.

Pengganti doa qunut tentunya lebih pendek dan lebih sering terdengar bagi semua muslim. Ini bisa menjadi alternatif jika kamu tidak hafal doa qunut subuh. Berikut ini pengganti doa qunut yang Dianjurkan Dibaca ketika Sholat.

BACA JUGA:Dekat Kota Semarang, Pesona Gunung Ungaran Perantunan Bikin Hati Adem

Pengganti doa qunut wajib kamu kenali jika tidak hafal doa qunut subuh. Pengganti doa qunut ini juga termasuk singkat, sehingga kamu akan lebih gampang menghafalnya. Ditambah lagi, pengganti doa qunut ini juga sering kali dilafalkan ketika doa seusai sholat. Jadi, kamu tak akan merasa kesulitan untuk menghafalkannya.

Pengganti doa qunut merupakan doa sapu jagat atau Surah Al-Baqarah ayat 201. Doa ini memiliki tujuan untuk meminta kebaikan baik di dunia dan akhirat. Berikut ini bacaan pengganti doa qunut yang harus dikenali umat muslim:

Rabbana atinaa fii ddunya hasanah wafil akhirati hasanah ta waqina adza bannar

Artinya: 

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Kategori :