Kenali Ciri Silent Treatment, Perilaku Seseorang yang Bisa Membuat Rusaknya Kesehatan Mental, Segera Hindari

Senin 30-10-2023,13:33 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Silent treatment, atau perilaku mendiamkan dan mengabaikan orang lain, telah menjadi sorotan netizen. Psikolog klinis Veronica Adesla menjelaskan bahwa perilaku ini sering muncul ketika seseorang merasa marah atau sedang bertengkar dengan seseorang. Namun, dampak dari silent treatment ini jauh lebih dalam daripada sekadar menjadi "diam."

Menurut Veronica, orang yang menjadi korban silent treatment dapat mengalami berbagai perasaan negatif, seperti perasaan tidak berdaya, bersalah, dan frustrasi. Hal ini menunjukkan bagaimana perilaku ini dapat berdampak secara emosional-psikologis.

Silent treatment bukan hanya masalah hubungan sepasang kekasih saja, namun ia bisa terjadi dalam berbagai jenis hubungan seperti persyaratan. Sikap ini mencerminkan pengabaian terhadap keberadaan orang lain dan termasuk dalam bentuk kekerasan non-verbal. Tindakan ini dapat menyakiti orang lain secara emosional dan psikologis.

BACA JUGA:Silent Treatment, Bentuk Perilaku Mengabaikan Keberadaan Seseorang Ketika Sedang Marah? Sehatkah Pola Ini?

Veronica juga mencatat beberapa tanda-tanda silent treatment yang patut diperhatikan:

1. Tidak memandang padahal tengah berada dalam satu ruangan yang sama.

2. Tidak memulai percakapan, maupun merespon percakapan, meskipun berada dalam satu ruangan dengan orang lain yang sedang berbicara.

3. Tidak menyapa atau berbicara, meskipun berada dalam situasi sosial.

4. Menjauh setiap kali melihat orang yang sedang diberi silent treatment.

BACA JUGA:Kerap Dipakai Metode Diet, Ternyata Ini Manfaat Melaksanakan Intermittent Fasting untuk Tubuhmu

Dalam pandangan psikologis, silent treatment bukanlah tindakan yang sepele. Silent treatment merupakan cara yang buruk dalam menyelesaikan persoalan.

Sebab dengan melakukan hal ini akan secara tidak langsung membuat hubungan menjadi renggang. Tidak Hannya itu, perilaku  ini juga menimbulkan dampak pada kesehatan mental dan rasa bersalah.

Saran terbaik jika mengalami permasalahan dengan sahabat, pasangan, ataupun saudara. Temukanlah waktu yang tepat untuk membicarakan hal tersebut sebab dengan terlalu lama mendiamkan seseorang akan menimbulkan persepsi tidak baik yang akhirnya merusak hubungan yang telah dibangun sejak lama.

Hujan tadi pembahasan kita mengenai silence semoga Hal ini dapat menumbuhkan wawasan serta memperluas pemahaman kita.*

Kategori :