Menkeu Siapkan Rp476 T Dana Perlindungan Sosial, Persiapan Pemilu Rp21,86 Triliun

Sabtu 21-01-2023,07:32 WIB

RADARUTARA.ID - Kementerian Keuangan memastikan di tahun 2023 ini menyiapkan dana ratusan triliun untuk melindungi masyarakat dari dampak guncangan ekonomi global.

Dana perlindungan sosial sebanyak Rp476 triliun yang disiapkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani ini jumlahnya relatif sama dengan anggaran tahun 2022 lalu.

Dikatakan Sri Mulyani, dana perlindungan sebanyak Rp476 triliun ini selain untuk mencegah guncangan ekonomi global juga untuk memastikan masyarakat yang paling rentan dan paling miskin terlindungi dari kondisi ekonomi dunia.

Dalam siaran persnya di kanal Youtube Kementerian Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, pihakny bersama Kementerian Sosial melakukan kolaborasi untuk penanganan kemiskinan secara terpadu.

“Pada 2023, anggaran perlindungan sosial di APBN sebesar Rp476 triliun, saya bersama-sama Bu Risma akan melihat aktivitas Kementerian Sosial yang memang betul-betul telah memberikan hasil yang sangat nyata dan diteruskan,” ungkapnya, Jumat (20/1/2023).

Tak hanya perlindungan sosial, Kemenkeu juga mengalokasikan anggaran belanja ketahanan pangan senilai Rp104,2 triliun yang diharapkan dapat menjaga stabilitas pangan di Indonesia.

Sementara, komponen bantuan sosial diubah dan beberapa bantuan sosial yang diberikan di tahun 2022, tidak lagi dilanjutkan di tahun 2023 ini.

Adapun beberapa bantuan yang tidak ada lagi di tahun 2023 ini diantaranya, bantuan minyak goreng dan bantuan subsidi upah (BSU).

Di sektor energi, Kemenkeu juga menyiapkan anggaran Rp341 triliun guna menjaga ketahanan dan laju produksi. 

Sementara, alokasi belanja di sektor infrastruktur disiapkan sebanyak Rp392 triliun.

Dana kesehatan Non-Covid19 juga disiapkan sebanyak Rp178 triliun dan dana belanja pendidikan mencapai Rp612 triliun.

Menurut Sri Mulay, dana tahapan pemilu juga disiapkan sebesar Rp21,86 triliun. 

Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan dana belanja untuk persiapan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebesar Rp23,9 triliun, yang dialokasikan untuk infrastruktur sebesar Rp21 triliun. *

Cek Berita dan Artikel Lain di Google News

 

Kategori :