Adab sebelum Tidur Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Adab sebelum Tidur Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Adab sebelum Tidur Sesuai Ajaran Rasulullah SAW--

RADARUTARA.ID - Tidur adalah kebutuhan semua makhluk hidup, terutama manusia. Bahkan dalam Islam, Tidur termasuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

Tidurnya seorang muslim bisa bernilai pahala, seperti yang tercantum dalam Al-Qur'an surah Ar Rum ayat 23. 

Selain itu, muslim bisa mengamalkan adab sebelum tidur supaya tidurnya tersebut bisa bernilai kebaikan dan memperoleh keutamaan pahala sunnah.

Hal ini seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Berikut ini adab yang bisa dikerjakan sebelum tidur.

1. Tidur di Awal Malam

Aisyah RA, ia berkata,

Artinya: "Rasulullah SAW tidur pada awal malam dan bangun pada penghujung malam. Kemudian beliau melakukan salat." (HR Muttafaqun 'alaih).

2. Berwudhu sebelum Tidur

Dari Barra bin Azib, Rasulullah SAW bersabda, "Jika kamu mendatangi tempat pembaringanmu, maka berwudhulah seperti wudhu salatmu, lalu bersandarlah pada sebelah kanan anggota badanmu." (HR Bukhari)

3. Mengibaskan Tempat Tidur

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Kalau salah satu dari kalian ingin ke tempat tidur, maka kibaslah kasurnya sampai ke dalam kain sarungnya, sebab sesungguhnya ia tidak mengetahui apa yang akan diakibatkan setelahnya." (HR Bukhari)

4. Hindari Posisi Telungkup

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dzar RA. Ia mengatakan, "Nabi SAW pernah melewatiku ketika saya sedang berbaring di atas perutku (telungkup) maka beliau menggerakkanku dengan kakinya dan beliau bersabda, 'Wahai Junaidab, sesungguhnya seperti ini adalah pembaringan penduduk neraka'." (HR Ibnu Majah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: