Serunai, Alat Musik Tradisional Khas Bengkulu

Serunai, Alat Musik Tradisional Khas Bengkulu

Serunai, Alat Musik Tradisional Khas Bengkulu--

BENGKULU, RADARUTARA.ID- Serunai merupakan alat musik tradisional Provinsi Bengkulu yang banyak menyebar di daerah Indonesia. 

Serunai menjadi terkenal sebagai alat musik tiup tradisional Minang. 

Alat musik ini terkenal merata di Sumatera Barat, khususnya dibagian dataran tinggi seperti di daerah Agam, Tanah Datar hingga Lima Puluh Kota, dan disepanjang pesisir pantai Sumatera Barat.

Asal mula serunai atau puput serunai, diperkirakan bersumber dari nama shehnai, alat musik yang asalnya dari Lembah Kashmir di dataran India Utara. 

BACA JUGA:Ingat, Ini 5 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setiap Hari

BACA JUGA:Mengenal Dol, Alat Musik Tradisional Bengkulu

Alat musik serunai diduga menjadi perkembangan dari alat musik pungi yang digunakan dalam musik para pemikat ular tradisional.

Di Bengkulu, serunai adalah salah satu alat musik tradisional daerah yang banyak dipakai dalam acara-acara adat, mulai dari upacara pengantin belarak, musik pengiring tari pedang yang umumnya diiringi pula dengan lantunan suara gendang dan lainnya. 

Alunan suara dari alat musik serunai ini juga sangat khas dan berbeda dari suara alat musik tiup lainnya.

Jadi tak heran jika masyarakat lokal Bengkulu sangat menikmati alunan serunai.

Bagi kebanyakan masyarakat Bengkulu yang tinggal di perantauan, ketika mendengar alunan suara serunai akan muncul perasaan rindu dengan kampung halamannya. 

 

Teringat masa-masa indah saat di arak pengantin.

Tetapi tidak semua orang bisa memainkan alat musik ini, sebab di samping harus bisa, pemusik juga wajib memiliki napas panjang untuk bisa meniupkannya dengan baik, supaya keluar alunan khas serunai-nya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: