Tingkatkan Kualitas Ternak, Pemdes Tambak Rejo Latih Warganya Cara Ternak Kambing

Tingkatkan Kualitas Ternak, Pemdes Tambak Rejo Latih Warganya Cara Ternak Kambing

Pemdes Tambak Rejo Tingkatkan Kualitas Ternak dengan pelatihan--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID - Pemerintah Desa Tambak Rejo , Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara berikan pelatihan kepada warganya, Jum'at (30/8/2024).

Pelatihan tersebut merupakan program ketahanan pangan dalam peningkatkan kualitas peternak, dan pengembangan kelompok peternak kambing di Desa Tambak Rejo.

Pj Kepala Desa Tambak Rejo, Rudi Asnawi mengatakan hal ini merupakan upaya Pemdes Tambak Rejo yang akan menyalurkan bantuan ternak kambing kepada kelompok taninya. 

Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan perlunya dibutuhkan suatu metode dalam pengembangan ternak kambing ini agar nantinya bisa berkembang dengan baik dan Desa Tambak Rejo menjadi tempat budidaya ternak kambing.

"Pelatihan ternak kambing sengaja kami anggarkan, agar program tersebut tepat sasaran dan bisa berkembang,"ujarnya.


Salah satu program Ketahanan Pangan di Desa Tambak Rejo--

Program ketahanan pangan merupakan program penting yang dilaksanakan oleh Pemdes Tambak, Rudi menyebut, bantuan ternak ini sekitar 17 ekor kambing yang akan diserahkan ke kelompok dimasing-masing RT. 

"Totalnya 17 ekor bibit ternak kambing, setelah pelatihan ini maka bantuan segera disalurkan,"imbuhnya.

Dikesempatan itu, Kapolsek Padang Jaya yang turut hadir dalam kegiatan pelatihan yang diinisiasi oleh Pemerintah Desa Tambak Rejo tersebut, meminta program dari Dana Desa dapat diikelola dengan baik, khususnya bantuan ternak kambing.

"Ini merupakan anggaran negara, harus dikelola dan diserap dengan baik. Terlebih dalam memelihara kambing yang digelontorkan oleh Pemdes Tambak Rejo ke masyarakat,"ucap, Iptu Ratno SH, Kapolsek Padang Jaya.

Kapolsek menjelaskan, meskipun masyarakat sudah memiliki keahlian dalam memelihara kambing, namun dengan adanya pelatihan ini para penerima akan memperoleh informasi terbaru yang akan disampaikan oleh narasumber, diantaranya bagaimana menghindari penyakit kambing.

"Meskipun masyarakat sudah paham dalam memelihara kambing, namun kami berharap peserta pelatihan bisa mengikuti dan menyimak apa yang disampaikan oleh narasumber. Kami hadir disini untuk memberikan inovasi sekaligus memonitor kegiatan Dana Desa yang ada di Kecamatan Padang Jaya,"terangnya.

Terpisah, Camat yang diwakili Kasi PMD Kecamatan Padang Jaya, Anis Rejeningsih menyampaikan Bahwasanya Pemerintah Kecamatan Padang Jaya dari awal perencanaan hingga memverifikasi anggaran, program ketahanan pangan sifatnya wajib dianggarkan oleh masing-masing desa.

Ia menyebut, anggaran program ketahanan pangan itu minimal 20 persen harus dialokasikan. Seperti yang dilakukan oleh Pemdes Tambak Rejo berupa kegiatan pengadaan bibit ternak kambing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: