Inovasi 4 Media di Indonesia untuk Bisnis Berkelanjutan, Bisa Jadi Contoh!

Inovasi 4 Media di Indonesia untuk Bisnis Berkelanjutan, Bisa Jadi Contoh!

Inovasi 4 Media di Indonesia untuk Bisnis Berkelanjutan--

“Kami juga membuat Podcaster Hunt, dengan mendampingi anak-anak muda memahami hoaks, juga dengan menyematkan nilai-nilai keberagaman,” kata Editor in Chief KBR.id Citra Dyah Prastuti.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan mulai mengembangkan Gerakan Indonesia Baik.

Ini merupakan gerakan orang muda untuk mendorong Indonesia yang semakin inklusif.

Masih berbicara mengenai inovasi, langkah ini pun diambil Jawa Pos.

Direktur Jawa Pos, Hidayat Jati bercerita, di tahun 2022, tercapai konsensus di level pimpinan yang memungkinkan adanya budaya kerja dan strategi baru, sesuatu yang sebelumnya sangat sakral. Perusahaan memutuskan mengatur biaya secara militan, baik untuk koran maupun produk digitalnya.

“Dari dot com itu harus mencapai scale as soon as possible. Jika Hukumonline dan Tempo sudah punya subscriber, kami belum masuk ke situ,” ujar Hidayat Jati.

Dengan lebih dari 60 domain lokal di seluruh Indonesia dan mempunyai begitu banyak media lokal, Jawa Pos pada akhirnya mengambil empat langkah konkret.

Pertama, melakukan identifikasi dan memperkuat person-in-charge (PIC) yang tepat untuk setiap anak usahanya. Menurut Hidayat, seluruh PIC ini hadir dari generasi muda dan merupakan wajah baru.

Kedua, perusahaan fokus pada kualitas dibandingkan kuantitas, sehingga produktivitas memegang peran kunci.

Ketiga, membangun mindset baru untuk menghadirkan kompensasi berbasis hasil dan data. Keempat, membangun mindset kolaborasi.

“Untuk old media, ini tidak mudah,” kata Hidayat.

Tentang IDC 2024 

IDC 2024 diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan "Road to IDC 2024" serta "Master Class" kemudian ditutup dengan penganugerahan AMSI Awards 2024. "Road to IDC 2024" adalah diskusi terbuka dan tertutup yang digelar AMSI sebagai pemanasan menuju ajang utama yaitu IDC 2024.

Sementara itu "Master Class" adalah kegiatan khusus yang memberikan pembelajaran kelas mahir bagi pelaku-pelaku media profesional untuk terus meningkatkan kapasitasnya. 

Program IDC dan AMSI Awards adalah bagian dari kerjasama AMSI dengan Internews dan USAID MEDIA untuk membangun keberlanjutan bisnis media di Indonesia. Pada gelaran tahun ini, IDC dan AMSI Awards juga mendapatkan dukungan dari PT Astra International Tbk, Google News Initiative, Dailymotion SA, PT Pertamina (Persero), PT Adaro Energy Indonesia, PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel, Harita Nickel atau PT Trimegah Bangun Persada Tbk, PT Merdeka Copper Gold, PT PLN (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, EIGER Adventure, dan MIND ID.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: