Unras adakan Pembekalan untuk Kukerta Mahasiswa: Siap Mengabdi dan Berkontribusi di Tengah Masyarakat

Unras adakan Pembekalan untuk Kukerta Mahasiswa: Siap Mengabdi dan Berkontribusi di Tengah Masyarakat

Mahasiswa peserta Kukerta yang akan bertugas selama 45 hari kedepan--

Ketua LPPM menegaskan bahwa tanggung jawab akademik mahasiswa justru semakin besar selama masa Kukerta.

"Jalani dengan serius dan selesaikan semua program kerja yang sudah disusun, serta membaur bersama masyarakat di lokasi Kukerta," tambahnya.

Program Kukerta ini merupakan salah satu wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat.

Melalui Kukerta, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari serta belajar untuk menjadi bagian dari masyarakat, mengidentifikasi masalah, dan mencari solusi yang tepat.

Pengalaman ini diharapkan dapat membentuk karakter mahasiswa menjadi lebih matang dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja nantinya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Edi Susilo, S.P., M.Si, menyampaikan, dalam pelaksanaan Kukerta, mahasiswa diharapkan dapat bersikap proaktif dan mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru.

"Kolaborasi baik antar anggota kelompok maupun dengan masyarakat setempat sangat penting untuk memastikan keberhasilan program kerja yang telah disusun," ujarnya.

Kukerta juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengembangkan soft skills, seperti kemampuan komunikasi, kerja tim, dan kepemimpinan.

Berbagai tantangan yang akan dihadapi di lapangan memerlukan solusi yang cepat dan tepat, sehingga kemampuan berpikir kritis dan kreatif sangat diperlukan dalam situasi ini.

Sementara itu, masyarakat yang menjadi lokasi Kukerta diharapkan dapat menerima kehadiran mahasiswa dengan tangan terbuka dan berkolaborasi dalam menjalankan program-program yang telah direncanakan.

Kehadiran mahasiswa di desa-desa tersebut diharapkan mampu memberikan dorongan positif bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup mereka.

Sekretaris Yayasan Unras, Ir. Rohyanto, MM, juga menekankan pentingnya menjaga nama baik almamater selama menjalani Kukerta.

"Nama baik universitas ada di tangan kalian, jadikan Kukerta ini sebagai ajang untuk menunjukkan kualitas terbaik dari diri kalian dan dari Unras," ujarnya dalam sambutannya.

Dengan berbagai pesan dan arahan yang telah disampaikan, para mahasiswa Unras kini siap untuk menjalani masa Kukerta.

Semangat belajar dan mengabdi yang telah dipupuk selama masa pembekalan, akan menjadi bekal utama mereka dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: