Waspada! 5 bahan kosmetik ini berbahaya hingga menyebabkan kanker

Waspada! 5 bahan kosmetik ini berbahaya hingga menyebabkan kanker

Waspada! 5 bahan kosmetik ini berbahaya hingga menyebabkan kanker--

RADARUTARA.ID- Kosmetik sudah menjadi bagian penting dalam upaya mempercantik diri terutama bagi para wanita dan bahkan hampir digunakan setiap hari.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memperhatikan kandungan kosmetik yang kita gunakan dan memastikan bahwa kandungan kosmetik tersebut aman bagi kesehatan. 

Meskipun kosmetik berada di bawah pengawasan BPOM dan sudah ada standar serta aturan tersendiri, namun tidak sedikit produk kosmetik yang masih menggunakan bahan-bahan berbahaya.

Lebih dari itu, adapun produk kosmetik yang menggunakan bahan tertentu dalam jumlah yang telah melebihi batas yang diperbolehkan. 

BACA JUGA:Glowing Tanpa Keluar Biaya Mahal! Cukup Gunakan Tomat untuk Perawatan Wajah

BACA JUGA:Cocok untuk Pemula, Ini 3 Pilihan Smartwatch Garmin dengan Fitur Lengkap dan Harga Terjangkau

Berikut ini beberapa bahan kosmetik berbahaya yang perlu dihindari karena dapat memberi dampak buruk pada kulit maupun kesehatan tubuh secara menyeluruh:

1. Formalin 

Formalin merupakan salah satu bahan pengawet yang kerap digunakan sebagai pengawet jenazah. Zat yang terkandung di dalamnya berdifat karsinogen yang dapat memicu kanker.

Terdapat beberapa jenis kosmetik yang ditemukan mengandung formalin, misalnya krim pelurus rambut, sampo, lotion, sabun mandi, hingga tabir surya.

Terpapar formalin terlalu sering dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan pernapasan, iritasi kuli, perih pada mata, hingga kanker. 

BACA JUGA:Ketahui, 7 Ciri Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM

BACA JUGA:Hati-hati Yah! 13 Produk Kosmetik ini Mengandung Merkuri dan Masih Beredar di Pasaran

2. Merkuri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: