Berdasarkan Usia, Ini Waktu yang Tepat untuk Memberi HP ke Anak

Berdasarkan Usia, Ini Waktu yang Tepat untuk Memberi HP ke Anak

Berdasarkan Usia, Ini Waktu yang Tepat untuk Memberi HP ke Anak--

RADARUTARA.ID- Penggunaan smartphone memang sudah menyebat ke seluruh kalangan. Dari yang dewasa sampai anak kecil juga pandai dalam memakai benda canggih ini.

Hal inilah yang menjadi keresahan tersendiri bagi beberapa orang tua. Maka dari itu, perhatikanlah waktu yang tepat untuk anak dalam menggunakan HP.

Tak bisa dipungkiri, hp memang menjadi sarana penting untuk berbagi informasi sekaligus menjadi hiburan yang menarik bagi anak. 

Tetapi, orang tua wajib mewaspadai penyakit kecanduan hp yang bisa terjadi pada anak. Itu kenapa membatasi durasi penggunaan HP pada anak menjadi hal yang sangat penting.

WHO atau Badan Kesehatan Dunia telah memberikan batasan waktu yang telat untuk anak dalam memakai HP, yakni sekitar 1 jam. 

BACA JUGA:Sederhana dan Nikmat, Ini 3 Makanan khas Bengkulu yang jadi Menu Favorit Presiden Soekarno

Tetapi, sebenarnya orang tua bisa menyesuaikan pembatasan ini dengan usia si kecil. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Usia Anak 0-2 Tahun

Orang tua hendaknya belum memberikan konsumsi HP sama sekali pada anak dengan usia 0-2 tahu . 

Mereka wajib belajar untuk meningkatkan kemampuan motorik serta kognitif pada usia ini. Dengan memberikan gadget, itu sangat tidak membantu dan justru akan menghambat.

Jika anak sudah berusia 1,5 tahun atau lebih, kalau dibutuhkan barulah orang tua baru boleh memberikan screen time untuk memperlihatkan hiburan yang mencegah anak menjadi rewel. 

Tetapi, tetap saja usahakan untuk membatasinya cuma satu jam saja. Jangan lupa juga untuk tetap mendampingi serta mengawasinya.

BACA JUGA:Apa Pengganti Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di SMA? Ini Jawabannya

2. Usia Anak 2-5 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: