Sederhana dan Nikmat, Ini 3 Makanan khas Bengkulu yang jadi Menu Favorit Presiden Soekarno

Sederhana dan Nikmat, Ini 3 Makanan khas Bengkulu yang jadi Menu Favorit Presiden Soekarno

Sederhana dan Nikmat, Ini 3 Makanan khas Bengkulu yang jadi Menu Favorit Presiden Soekarno--

RADARUTARA.ID- Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Soekarno memiliki sejumlah kuliner favorit. Mulai dari sayuran khas Jawa yang sederhana dan olahan ikan.

Sebelum menjadi presiden RI pertama Ir. Soekarno terkenal sebagai sosok pejuang yang cerdas, penuh semangat dan juga pantang menyerah. Selain catatan sejarah perjuangan dari kemerdekaan RI, Soekarno juga dikenal sebagai seorang pemburu kuliner atau pencinta makanan.

Bukan makanan mewah namun makanan sederhana dan rumahan. Dari beberapa buku catatan sejarah, sang istri Fatmawati membocorkan makanan favorit Presidesn Soekarno. Mulai dari sayur lodeh rebung hingga makanan Bengkulu ketika dirinya diasinhkan di sana.

Berikut ini beberapa makanan khas Bengkulu yang menjadi favorit Presiden Soekarno.

BACA JUGA:Desa Diminta Waspada Kekeringan, Camat: Optimalkan Fasilitas Sumber Air Bersih dari DD

1. Lodeh rebung 

Fatmawati pernah menyebutkan kalau sayur lodeh rebung sebagai salah satu makanan kesukaan Presiden Soekarno.

Bung Karno sangat menyukai menu yang satu ini. Terkesan sederhana, tetapi Bung Karno sangat menyukainya.

2. Bagar Hiu 

Soekarno juga menyukai bagar hiu ketika pengasingannya di Bengkulu. Ketika itu Soekarno diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1938 – 1942.

Bagar hiu adalah salah satu kuliner khas Bengkulu yang langka. Tetapi bagar hiu cukup terkenal ketika bulan Ramadhan. Sekilas, bagar hiu mirip dengan rendang daging khas Padang.

Tetapi, bagar hiu tidak dimasak bersama santan tetapi memakai kelapa yang disangrai. Tak hanya itu, bagar hiu juga memakai daging ikan hiu sebagai bahan utamanya.

3. Pais Ikan 

Tak hanya bagar hiu, Soekarno juga menyukai hidangan khas Bengkulu lainnya yaitu pais ikan. Pais ikan adalah olahan yang sekilas mirip dengan pepes khas Sunda. Tetapi, pais ikan yang satu ini memakai ikan gebu dan ikan buli sebagai bahan utamanya. Tak hanya itu, Soekarno juga menyukai beberapa makanan khas desa yang sederhana, salah satunya nasi jagung. Dirinya juga menyukai rawon, mi goreng, hingga ayam goreng mentega.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: