7 Adab yang Harus Diterapkan Umat Muslim saat Membaca Al-Qur’an

7 Adab yang Harus Diterapkan Umat Muslim saat Membaca Al-Qur’an

7 Adab yang Harus Diterapkan Umat Muslim saat Membaca Al-Qur’an--

RADARUTARA.ID- Mempelajari Alquran wajib dibarengi dengan adab. adab membaca Alquran dibedakan berdasarkan sifatnya, yaitu adab batiniah dan lahiriah.

Adab membaca Alquran yang bersifat batiniah dapat dilakukan dengan cara membersihkan hati supaya maknanya lebih gampang teresap ke dalam jiwa. Sedangkan adab lahiriah dalam membaca Alquran bisa dilakukan sebagai berikut ini:

1. Bersuci

Membaca Alquran wajib dilakukan dalam keadaan suci dari hadas kecil ataupun hadas besar. Itu sebabnya, orang yang akan membaca Alquran dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu.

BACA JUGA:Bacaan Doa Setelah Membaca Al-Quran Lengkap dengan Artinya, Umat Muslim Jangan Lupa Amalkan

2. Menghadap kiblat

Membaca kitab suci dapat dilakukan di mana saja, yang paling penting di tempat yang baik dan bersih. Beberapa ulama menganjurkan untuk membaca Alquran sembari menghadap kiblat seperti ketika sholat.

3. Membaca Taawud dan Bismilah

Sebelum mulai melantunkan ayat suci Al-Qur’an, seseorang harus membaca taawaud dan bismillah untuk meminta perlindungan dari godaan syaitan. Anjuran ini bisa ditemukan dalam Surat Al Nahl ayat 98.

4. Mengindahkan Bacaan

Membaca Alquran dapat dilakukan dengan suara yang merdu dan indah selama tidak dikerjakan dengan nada yang meliuk-liuk. Maksud nada dari meliuk-liuk yaitu yang menyerupai nyanyian maupin lagu.

Anjuran mengindahkan suara ini tercantum dalam hadist riwayat Bukhari, seperti yang dikatakan Al Bara, “Aku mendengar Rasulullah SAW membaca Wattiini wazzaituun saat salat Isya dan aku tidak mendengar seseorang bersuara indah selain beliau."

BACA JUGA:Ketahui 5 Ciri Muntahan Ikan Paus Asli, Siapa Tahu Ketemu Pas Lagi Mancing

5. Perhatikan Tajwid dan Tidak Terburu-buru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: