Jangan Cuci Mobil Sembarangan, karena Bisa Sebabkan Kerusakan Pada ECU

Jangan Cuci Mobil Sembarangan, karena Bisa Sebabkan Kerusakan Pada ECU

Jangan Cuci Mobil Sembarangan--

RADARUTARA.ID- Setiap Kendaraan memang harus dilakukan perawatan dengan baik, salah satunya adalah dengan mencucinya. Akan tetapi saat melakukan pencucian konsumen juga wajib memperhatikan area yang tidak boleh terkena air untuk menghindari kerusakan.

Rizki, salah seorang mekanik di kota Bengkulu mengungkapkan, area yang tidak boleh terkena air secara langsung adalah ruang mesin. Hal ini lantaran di area tersebut banyak komponen elektronik yang bisa menyebabkan korsleting.

"Untuk menjaga kendaraan, sebainya ruang mesin tidak perlu dilakukan pencucian karena hal ini bisa menyebabkan korsleting, lantaran disana banyak terdapat komponen elektronik, seperti kotak sekring, koil pengapian, electronic control unit (ECU), dan lain sebagainya," ujarnya.

Dikatakannya pula, komponen yang kerap rusak jika terkena air adalah bagian koil pengapian, hal ini karena Koil yang bocor bisa menyebabkan arus listrik yang mudah untuk menembusnya.

Diungkapkannya pula, Koil yang terbakar dapat membuat arus listrik menjadi terganggu sehingga akan membuat performa mobil menjadi menurun dan boros bahan bakar.

"Koil akan terbakar karena ada kebocoran arus listrik yang dapat membuat performa mesin menurun, brebet, hingga boros bahan bakar.

BACA JUGA:Wah, Bahan Bakar Ini Bakal Digunakan untuk Mengganti BBM Bensin

Dijelaskannya, kerusakan lain bisa menjadi lebih serius dan membutuhkan biaya perbaikan cukup tinggi bila sampai rangkaian elektriknya korsleting.

“Dampak terburuknya dapat membuat ECU rusak. Oleh sebab itu dianjurkan untuk menghindari mencuci ruang mesin mobil memakai air. Apabila terpaksa, lapisi beberapa bagian penting tadi dengan plastik atau bahan yang tahan air atau mencuci kering dengan lap basah,” ucapnya.

Rizki juga  mengatakan pada setiap rangkaian kelistrikan mobil sebenarnya sudah ada seal anti air. Namun, kondisinya belum tentu selalu prima sehingga ketika ada kebocoran air akan langsung mengenai elemen vital. 

"Jadi, saat mencuci mobil konsumen tidak perlu mencuci ruang mesin dengan air secara langsung karena ada peluang air membuat komponen kelistrikan korsleting," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: