Keutamaan dan Manfaat Surah An Naba, Mendatangkan Rezeki dan Kemenangan

Keutamaan dan Manfaat Surah An Naba, Mendatangkan Rezeki dan Kemenangan

Keutamaan dan Manfaat Surah An Naba, Mendatangkan Rezeki dan Kemenangan--

RADARUTARA.ID- Surah An Naba merupakan surah ke-78 dalam Al Quran. Surah ini tergolong Surah Makkiyah, terdiri dari 40 ayat. Surah An Naba berisi tentang pengingkaran orang-orang musyrik terhadap adanya hari kebangkitan hingga ancaman Allah terhadap sikap mereka itu.

Tak hanya itu, kekuasaan-kekuasaan Allah yang terlihat dalam alam sebagai bukti adanya hari berbangkit, peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari berbangkit, azab yang diterima orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah hingga kebahagiaan yang diterima orang-orang mukmin pada hari kiamat, serta penyesalan orang kafir di hari kiamat.

Disebut An Naba yang berarti berita besar di ambil dari kata An Naba yang ada pada ayat 2 surah ini. Bahkan, surah ini dinamai juga Amma yatasaa aluun diambil dari perkataan Amma yatasaa aluun yang ada di ayat 1 surah ini.

BACA JUGA:Mengatasi Berbagai Penyakit, Ini 7 Manfaat Jintan Hitam atau Habbatussauda untuk Kesehatan

Adapun Keutamaan dan Manfaat Surah An Naba

1. Surah An Naba adalah termasuk dalam bagian Al Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Ini sebagai tambahan, sehingga beliau diberi keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

2. Surah An Naba bisa dijadikan wasilah supaya bisa berkunjung ke Baitullah (pergi haji). Abi Abdullah berkata, “ agi siapa yang membaca ‘amma yatas alun (Surat An-Naba'), maka tidaklah berakhir satu tahun – jika ia membacanya secara istiqamah setiap hari – sampai ia bisa berkunjung ke Baitullah yang mulia, Insya Allah.” (Tsawabul A’mal: 150)

3. Allah SWT akan menghisab pengamalnya dengan mudah, terhindar dari kutu, serta memperileh kekuatan dan kelebihan yang besar. Rasulullah SAW pun bersabda, “Bagi siapa yang membacanya (Surat An-Naba') dan menghafalnya, maka hisabnya pada hari kiamat cuma sekitar salat 1 (rakaat). Dan bagi siapa yang menulisnya dan mengalungkannya, maka kutu tidak bisa mendekatinya, ia juga mendapat kekuatan dan kehebatan yang besar.” (Tsawabul A’mal, Juz 8: 193).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: