Tanpa Efek Samping, Ini 5 Pilihan Obat Alami untuk Atasi Asam Urat

Tanpa Efek Samping, Ini 5 Pilihan Obat Alami untuk Atasi Asam Urat

Tanpa Efek Samping, Ini 5 Pilihan Obat Alami untuk Atasi Asam Urat--

RADARUTARA.IDPenyebab asam urat yaitu tingginya kadar asam urat di dalam tubuh, sehingga terjadi penumpukan kristal asam urat. Awal mulanya, kondisi ini tidak bergejala, tetapi kalau asam urat yang terbentuk sudah cukup banyak, maka hal ini akan menimbulkan peradangan pada sendi. 

Gejala asam urat yang biasanya muncul bisa berupa rasa nyeri, panas, sampai pembengkakan di area persendian. Bahkan, kadar asam urat yg tinggi juga bisa memicu pembentukan batu ginjal hingga gangguan pada ginjal.

Sebenarnya, asam urat merupakan kondisi yang tidak bisa disembuhkan sepenuhnya. Walaupun begitu, mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter bisa menurunkan asam urat.

Tak hanya itu, penderita asam urat juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat, mulai dari berolahraga secara rutin, menjaga berat badan ideal, hingga menghindari makanan yang bisa memicu peningkatan asam urat dalam tubuh.

 BACA JUGA:Jangan Dibuang, Ini Sederet Manfaat Air Cucian Beras yang Jarang Diketahui

Selain mengonsumsi obat dari dokter dan menjalankan gaya hidup yang sehat, ada beberapa obat asam urat alami yang dapat dimanfaatkan untuk membantu penderita dalam mengatasi gejala asam urat.

Berikut ini beberapa rekomendasi obat alami untuk asam urat yang boleh dicoba.

1. Jahe 

Untuk memakai jahe sebagai obat asam urat alami, cukup campurkan 1 sdm jahe parut ke dalam air hangat, kemudian rendam kain di dalamnya. Pakai kain tersebut untuk mengompres bagian tubuh yang mengalami gejala asam urat sekitar 15–30 menit.

Tak hanya itu, gejala nyeri akibat asam urat juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi teh jahe sebanyak 2–3 gelas per harinya.

 BACA JUGA:Perhatikan Hal Ini Agar Ban Mobil Tidak Meledak Ketika Dikendarai

2. Kopi

Kopi merupakan salah satu obat asam urat alami lantaran diperkaya dengan kandungan mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat serta melancarkan proses pembuangan asam urat melalui urine.

Tetapi, memakai kopi sebagai obat asam urat alami tidak disarankan bagi penderita penyakit asam lambung (GERD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: