Sajikan Data Kesehatan, Operator dan Perangkat Desa di Kecamatan Padang Jaya Ikuti Pelatihan eHDW

Sajikan Data Kesehatan, Operator dan Perangkat Desa di Kecamatan Padang Jaya Ikuti Pelatihan eHDW

Foto bersama usai pelatihan eHDW di Kecamatan Padang Jaya--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID- Kader Pembangunan Manusia (KPM), operator dan perangkat desa, hari ini Kamis (27/6/2024) mengikuti pelatihan dan penyuluhan bidang kesehatan menggunakan aplikasi eHDW.

Bertempat di Aula Kecamatan Padang Jaya, peserta dari 12 desa se-kecamatan Padang Jaya itu diberikan materi dan pelatihan khususnya pendataan kesehatan.

Hadir dalam kegiatan, Camat Padang Jaya beserta staf, Pendamping Lokal Desa dan  Pendamping Desa, Tenaga Ahli, serta Anggit Purbo Kintoko dari Dinas PMD Bengkulu Utara sebagai narasumber.

Ketua pelaksana kegiatan Cluster Kecamatan Padang Jaya, Sujianto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya kekompakan dari pemerintah desa di Kecamatan Padang Jaya untuk mendapatkan ilmu pendataan secara digital, khususnya menggunakan apikasi eHDW.

Dimana aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Desa PDTT itu dapat memudahkan para perangkat dan operator didesa untuk mengetahui sejauhmana kesehatan masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan inisiasi para Pemdes untuk menimba ilmu tentang kesehatan yang nantinya diinput melalui aplikasi eHDW,"jelas Sujianto.

Menurutnya, dengan adanya pelatihan ini, peserta dari masing-masing desa dapat melakukan perencanaan, pelaksanaan, serta pengendalian (monitoring dan evaluasi) terhadap pelaksanaan program di desa, khususnya data stunting.

"Alhamdulillah, setelah dilakukan pelatihan mereka bisa menambah ilmu serta kedepannya dapat mengetahui dengan mudah sejauhmana kondisi kesehatan didesa, seperti berapa jumlah ibu hamil, balita, anak yang stunting, hingga calon pengantin,"terangnya.


Operator dan Perangkat Desa di Kecamatan Padang Jaya Ikuti Pelatihan eHDW--

Aplikasi eHDW sendiri merupakan aplikasi berbasis digital yang dikelola oleh Direktorat Pelayanan Sosial Dasar, Ditjen PPMD, Kementerian Desa PDTT. 

Pada dasarnya  eHDW merupakan aplikasi seluler berbasis android yang dirancang sebagai alat bantu kerja Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Terpisah, Camat Padang Jaya, Soini SE saat membuka pelatihan sekaligus menjadi salah satu narasumber mengungkapkan, bahwa saat ini teknologi informasi amatlah penting untuk menyajikan data yang baik dan akurat sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan. 

Oleh karena itu sebagai perangkat desa, untuk menghadapi era digitalisasi untuk terus meningkatkan kompetensi dan kapabilitasnya, khususnya perkembangan teknologi di desa.

"Melalui pelatihan ini semoga peserta dapat menyajikan data dengan lebih baik dan mendekati akurat. Karena, data yang dienrtri khususnya tentang kesehatan masyarakat desanya dapat diakses dan dimonitor oleh semua perangkat desa dan KPM yang hadir pada hari ini," ucap Camat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: