5 Jenis Reptil Ini Masih Bertahan di Alas Purwo, Apa Saja?

5 Jenis Reptil Ini Masih Bertahan di Alas Purwo, Apa Saja?

5 Jenis Reptil Ini Masih Bertahan di Alas Purwo, Apa Saja?--

Taman Nasional Alas Purwo tak hanya dihuni oleh kadal kecil, kadal raksasa seperti biawak juga hadir di tempat ini, Varanus nebulosus atau biawak abu-abu adalah salah satunya.

Seperti namanya, biawak ini punya warna abu-abu atau kehitaman, ia juga punya bintik-bintik kecil yang menyelimuti seluruh tubuhnya. Laman National Parks menjelaskan kalau kadal sepanjang 1.7 meter ini dapat ditemukan di lantai hutan.

Biasanya ia akan menggali tanah atau tumpukan kayu untuk mencari makanan kesukaannya, yaitu arthropoda. Tak jarang biawak ini juga memanjat pohon untuk bersembunyi atau mengejar mangsa lain.Sayangnya populasi biawak ini sudah sangat menurun, bahkan di daerah lain di Pulau Jawa biawak abu-abu hampir tidak bisa ditemukan.

Karenanya biawak ini masuk dalam daftar satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Jadi kamu tidak boleh menangkap, membunuh, memperjualbelikan, atau memelihara hewan ini secara bebas. Jika kamu melakukannya pemerintah bisa memberikan sanksi pidana yang tegas.        

4. Penyu-Penyu

Terdapat empat spesies penyu di Taman Nasional Alas Purwo, yaitu Chelonia mydas, Eretmochelys imbricata, Lepidochelys olivacea dan Dermochelys coriacea. Semuanya dapat ditemukan di laut dan terkadang juga naik ke pinggir pantai untuk bertelur. Biasanya penyu akan bertelur pada waktu-waktu tertentu dan mereka akan melakukannya pada malam hari.

Semua penyu yang ada di Taman Nasional Alas Purwo juga merupakan hewan yang dilindungi, jadi kamu tak boleh menganggu atau menangkapnya. Dilansir Britannica, makanan utama penyu adalah ubur-ubur jadi jika populasi ubur-ubur membludak maka penyu juga akan berdatangan. 

Sayangnya penyu-penyu ini sering mengira sampah plastik sebagai ubur-ubur dan memakannya. Hal tersebut membuat mereka sakit bahkan sampai mati. Karena hal ini para petugas Taman Nasional Alas Purwo sangat menjaga kebersihan daerah taman nasional supaya tidak ada sedikitpun sampah plastik yang dibuang sembarangan.

5. Ular terbang

Seperti namanya, Chrysopelea paradisi atau ular terbang mampu terbang dari satu pohon ke pohon lain. Namun ia tidak terbang seperti burung melainkan melompat atau meluncur dari atas pohon. Hal ini dilakukan dengan cara memipihkan tubuhnya dan melakukan gerakan zig zag saat sedang meluncur, jelas laman National Geographic.

Selain untuk berpindah tempat kemampuan ini juga digunakan ular terbang untuk kabur dari predator atau mengejar mangsa. Tak cuma kemampuan terbangnya, ular terbang juga punya tubuh yang sangat memukau, lho. Perpaduan warna hitam, putih, kuning, hijau, dan merah di tubuhnya sangat indah di mata. Ia juga merupakan ular yang tidak berbahaya bagi manusia dan bisa melumpuhkan mangsa dengan lilitannya yang kuat.

Uniknya kehadiran ular terbang di Taman Nasional Alas Purwo adalah hal yang luar biasa karena ular ini sangat sulit ditemukan di daerah lain di Pulau Jawa.Sebagai sebuah taman nasional yang masih asri dan terjaga tentunya Taman Nasional Alas Purwo menyimpan berbagai spesies reptil. Mulai dari ular karung belang, cekibar, ular terbang, biawak abu-abu, sampai penyu ada di taman nasional ini.

Daerahnya yang luas juga membuat Taman Nasional Alas Purwo jadi habitat yang sempurna bagi reptil-reptil tersebut. Namun karena banyak spesies yang populasinya terancam kamu tak boleh menangkap atau mengganggu mereka. Justru kamu harus ikut melestarikan dan menjaga populasi reptil-reptil tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: