5 Jenis Reptil Ini Masih Bertahan di Alas Purwo, Apa Saja?

5 Jenis Reptil Ini Masih Bertahan di Alas Purwo, Apa Saja?

5 Jenis Reptil Ini Masih Bertahan di Alas Purwo, Apa Saja?--

RADARUTARA.ID- Pulau Jawa memiliki keberagaman reptil yang tidak bisa diremehkan, kadal, ular, penyu, sampai kura-kura dapat ditemukan di pulau ini. Selain, itu adanya taman nasional juga membantu menyeimbangkan populasi reptil dan hewan-hewan lainnya.

Taman Nasional Alas Purwo sendiri adalah salah satu taman nasional di Pulau Jawa dan menyimpan berbagai spesies hewan dan reptil. Taman Nasional Alas Purwo juga memiliki luas sekitar 43,420 hektar dan terletak di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Diketahui, Taman nasional ini juga terdiri dari beberapa jenis habitat, mulai dari perbukitan, pantai, hutan, sampai padang rumput. Karenanya berbagai jenis reptil entah itu reptil akuatik yang hidup di air, reptil arboreal yang hidup di pepohonan, sampai reptil terestrial yang hidup di daratan dapat hidup di taman nasional ini. Bahkan tak hanya reptil-reptil biasa, beberapa spesies reptil eksotis dan reptil yang populasinya terancam punah juga masih bisa ditemukan di taman nasional ini, apa saja?

1. Ular karung belang

Wilayah pantai atau pesisir laut jadi salah satu wilayah yang cukup luas di Taman Nasional Alas Purwo. Karenanya berbagai jenis reptil juga bisa hidup di wilayah ini, salah satunya adalah ular karung belang atau Acrochordus granulatus.

Berbeda dari spesies ular karung lain yang cenderung hidup di air tawar, ular ini malah lebih sering ditemukan di air payau sampai laut. Ini dapat terjadi karena ia punya toleransi yang tinggi terhadap air laut yang asin, terang Animal Diversity Web.

Akan tetapi sama dengan ular karung yang lain, ular karung belang juga merupakan ular tidak berbisa dan tidak berbahaya. Untuk menangkap mangsanya yang berupa ikan, krustasea, dan moluska ular ini mengandalkan lilitan dan kecepatannya.

Panjangnya juga hanya sekitar 1 sampai 2 meter sehingga ia hanya mampu memakan hewan-hewan kecil. Sebagai hewan akuatik tubuh ular ini juga sudah beradaptasi untuk hidup di air, ia punya kulit yang kasar, badan yang gemuk dan ekor yang pipih seperti dayung.

2. Cekibar

Selain di pinggir pantai pepohonan juga jadi rumah bagi beberapa jenis reptil. Cekibar adalah salah satu reptil yang bisa kamu temukan di lebatnya pepohonan di Taman Nasional Alas Purwo. Cekibar sendiri merupakan sebutan bagi kadal-kadal dari genus Draco dan ada beberapa spesies di Taman Nasional Alas Purwo.

Walau populasinya terhitung melimpah namun kamu akan kesulitan menemukan kadal ini karena ukurannya yang kecil, yaitu hanya berkisar antara 9 sampai 20 cm, jelas Ecolopyasia.

Tapi jangan remehkan ukurannya yang mungil, nyatanya kadal ini adalah ahlinya memanjat dan meluncur. Cakar yang kuat, ekor yang panjang dan gerakannya yang gesit membuat hewan ini mampu memanjat apapun. Membran di samping tubuhnya juga jadi alat meluncur yang efektif. Dengan membran tersebut cekibar mampu meluncur sangat jauh dan cepat dari satu pohon ke pohon yang lain.

Karena dua kemampuannya itu para predator seperti burung atau ular akan kesulitan untuk menangkap reptil kecil ini.

3. Biawak abu-abu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: