Rutin Mengonsumsi Jahe Merah? Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Rutin Mengonsumsi Jahe Merah? Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Rutin Mengonsumsi Jahe Merah? Ini 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh--

RADARUTARA.ID - Jahe merah asalnya dari tanaman berbunga yang berasal dari Asia Tenggara. Jahe digunakan untuk menambahkan rasa pada makanan manis ataupun gurih dan mempunyai berbagai manfaat kesehatan.

Tanaman jahe merupakan keluarga dari Zingiberaceae dan mempunyai hubungan dekat dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas.

Berikut ini beberapa manfaat jahe merah yang dapat kamu rasakan:

1. Antiinflamasi

Dalam Jahe merah mengandung senyawa antiinflamasi seperti gingerol dan zingeron. Senyawa ini mempunyai kemampuan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Manfaat jahe merah bisa membantu meredakan peradangan kronis seperti yang berhubujyan dengan kondisi seperti arthritis rheumatoid, osteoarthritis, ataupun gangguan autoimun lainnya.

BACA JUGA:Bagus untuk Wanita, Ini 7 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan dan Juga Kecantikan

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam Jahe merah mengandung antioksidan seperti vitamin C dan selenium, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan ini melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh dan melemahkan sistem kekebalan. Dengan memperkuat sistem kekebalan, tubuh lebih mampu melawan infeksi hingga penyakit.

3. Meredakan Nyeri

Jahe merah juga terkenal mempunyai sifat analgesik atau pereda nyeri. Senyawa-senyawa aktif dalam jahe merah bisa membantu mengurangi sensasi nyeri.

Itu sebabnya, jahe merah bisa dipakai sebagai pengobatan alami untuk meredakan nyeri, seperti nyeri haid, sakit kepala, nyeri otot, ataupun nyeri sendi. Sebagian orang mengonsumsi jahe merah dalam bentuk teh ataupun suplemen untuk meredakan nyeri tersebut.

BACA JUGA:Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Mesti Travelling ke Pulau Enggano Provinsi Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: