Camilan Berprotein Tinggi di Bengkulu, Begini Manfaat Mengkonsumsi Tutut Bagi Tubuh

Camilan Berprotein Tinggi di Bengkulu, Begini Manfaat Mengkonsumsi Tutut Bagi Tubuh

Camilan Berprotein Tinggi di Bengkulu, Begini Manfaat Mengkonsumsi Tutut Bagi Tubuh--

RADARUTARA.ID- Keong Sawah atau biasa lebih sering dikenal dengan sebutan tutut merupakan jenis siput air. Siput ini mempunyai nama ilmiah Pila Ampullacea. tutut sering ditemukan diperairan tawar di negara-negara yang beriklim tropis dan kerap bermunculan terutama pada musim hujan.

Keong Sawah mempunyai ukuran yang lebih kecil ketimbang bekicot dan biasanya bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Bukan hanya enak, ternyata keong sawah mempunyai beberapa kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Beberapa zat gizi yang ada didalam keong sawah terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, posfor, kalsium, zink, zat besi hingga kalium. Jadi Tak heran, kalau ada banyak orang yang mengolah keong sawah sebagai lauk-pauk. Berikut ini beberapa manfaat tutut yang sayang untuk dilewatkan:

BACA JUGA:Ada Monumen Meriam Honisuit di Bengkulu Selatan, Begini Sejarah Singkatnya

1. Memelihara daya tahan tubuh

Tutut mengandung vitamin A, B, dan C yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga kamu jadi tidak gampang sakit. Vitamin ini juga berperan penting dalam mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas yang berkontribusi pada munculnya bermacam penyakit.

2. Bantu memenuhi kebutuhan protein

Keong sawah mempunyai kandungan protein yang bisa dikatakan cukup tinggi. Tutut bisa menjadi alternatif sumber protein hewani yang baik dan rendah lemak. Protein diperlukan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan sel supaya bisa berfungsi dengan baik.

3. Menutrisi otak

Lemak yang terkandung didalam tutut adalah asam linoleat (omega 6) dan asam linoleat (omega 3) asam lemak omega 3. Gizi inilah yang memainkan peran penting bagi otak, yaitu mengurangi stres oksidatif serta megoptimalkan perkembangan otak pada anak sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

BACA JUGA:Puncak Haji di Armuzna, Jamaah Dihimbau Tak Perlu Membawa Peralatan Masak

4. Mendukung pertumbuhan tulang

Saat masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan protein dan kalsium. Jika kekurangan zat gizi ini anak-anak akan beresiko mengalami masalah pertumbuhan bahkan stunting. Ada sekitar 129 mg kalsium dalam setiap 100 gram sajian keong sawah, ini maknanya bisa memenuhi paling tidak 10% kebutuhan kalsium harian.

5. Mencegah anemia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: