Jumlah Hewan Kurban Tahun Ini Diperkirakan Berkurang

Jumlah Hewan Kurban Tahun Ini Diperkirakan Berkurang

Puskeswan Putri Hijau memantau stok hewan kurban di wilayah Putri Hijau dan MSS--

RADARUTARA.ID- Unit Puskesmas Hewan (Puskeswan) Putri Hijau, memperkirakan jumlah hewan kurban di wilayah kerjanya pada tahun 2024, ini jauh berkurang dibanding tahun sebelumnya. 

"Dari hasil pantauan kami di lapangan. Diperkirakan jumlah hewan kurban tahun ini berkurang di banding tahun sebelumnya," ujar Kepala Puskeswan Putri Hijau, Eri Zull, S.Pt, Selasa (11/6).

Diduga kata Eri, turunnya jumlah hewan kurban ini dipicu oleh faktor ekonomi masyarakat kelas menengah yang kurang stabil. Sehingga kondisi tersebut turut berdampak terhadap kemampuan masyarakat untuk berkurban di tahun ini.

"Yang jelas berkaitan dengan faktor ekonomi ya. Tapi, untuk jumlah pastinya berapa total hewan kurban tahun ini baik di Kecamatan Putri Hijau maupun Kecamatan Marga Sakti Sebelat belum dapat kami pastikan. Karena pendataan terhadap hewan kurban masih terus kami lakukan hingga H-1 Idul Adha nanti," pungkasnya.

BACA JUGA:Sulit BBM, Warga Ketahun Keluhkan Mahalnya Harga Eceran Pertalite

Di sisi lain, Eri, mengaku, kendati animo masyarakat untuk berkurban di tahun ini diperkirakan berkurang. Namun, untuk stok ternak khususnya Sapi Bali di wilayah Putri Hijau dan Marga Sakti Sebelat dalam kondisi aman, bahkan surplus.

"Kalau stok hewan kurban di wilayah kita berlimpah. Bahkan ternak kita khususnya Sapi Bali banyak yang keluar ke Kota Bengkulu dan Sumbar sesuai adanya permintaan hewan kurban," demikian Eri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: