Upaya Penormalan Terus Dilakukan, PLN Sebut 2,5 Juta Pelanggan Sumsel, Jambi dan Bengkulu Sudah Menyala

Upaya Penormalan Terus Dilakukan, PLN Sebut 2,5 Juta Pelanggan Sumsel, Jambi dan Bengkulu Sudah Menyala

Upaya Penormalan Terus Dilakukan, PLN Sebut 2,5 Juta Pelanggan se- Sumatera Sudah Menyala --

RADARUTARA.ID - Hingga saat ini PLN terus melakukan upaya Penormalan dampak Listrik padam pada Selasa (4/6/2024) kemarin.

PLN menyebutkan, setidaknya 2,5 Juta Pelanggan listrik terdampak padam dan kini telah berhasil menyala.

"PLN Terus Melakukan Upaya Penormalan Sistem Kelistrikan di Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu,"ungkap PLN melalui rilisnya.

Disampaikan Manager ULP PLN Arga Makmur, Ferry Adrianta menjelaskan, informasi yang telah ia terima bahwasanya saat ini PLN terus bergerak berupaya memulihkan gangguan.

Dimana lokus perbaikan oleh ratusan petugas kelistrikan jaringan transmisi di Sumatera bagian selatan, dan upaya itu dilakukan Penormalan dengan cara bertahap. 

Menurutnya, gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat menjadi perhatian serius yang mengakibatkan pemadaman diantaranya di Kabupaten Bengkulu Utara.

BACA JUGA:Apa Itu Black Out yang Sebabkan Listrik di Sumatera Alami Pemadaman

Sistem transmisi ini merupakan jaringan penting dan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera, diantaranya Provinsi Bengkulu.

"Saat ini, kondisi kelistrikan sidah 2,5 juta pelanggan di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu telah kembali menyala. Dan bertahap, penormalan dilanjutkan ke jaringan distribusi pelanggan lain yang masih terdampak padam,"jelasnya PLN, Rabu (5/6/2024).

Padamnya jaringan transmisi dengan beban tinggi menyebabkan pembangkit listrik ikut padam secara otomatis dan memerlukan waktu dalam penyalaan kembali, terutama PLTU. 

Ferry mengakui, dalam proses pemulihan ini diperlukannya manajemen pengaturan beban. Dengan harapan dapat menjaga kestabilan listrik pada wilayah terdampak. 

PLN menyampaikan permohonan maaf atas kondisi ini. Karena petugas terus bersiaga di lokasi gangguan dan juga di pusat kontrol untuk pemulihan seluruh sistem secepatnya.

"Kami sampaikan permohonan maaf, petugas dilapangan terus berupaya untuk menormalkan kembali pasca pemadaman untuk pelanggan di Sumsel, Jambi dan Bengkulu," terangnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: