Mengenal 20 Sifat Wajib Allah Lengkap dengan Penjelasannya

Mengenal 20 Sifat Wajib Allah Lengkap dengan Penjelasannya

Mengenal 20 Sifat Wajib Allah Lengkap dengan Penjelasannya--

RADARUTARA.ID - Sifat Allah berkaitan dengan keagungan-Nya yang tidak pernah terbayangkan oleh pikiran manusia. Sifat Allah dibagi atas sifat wajib Allah, sifat mustahil Allah, serta sifat jaiz Allah

Sifat Allah tidak terbatas jumlahnya pada bilangan tertentu. Tetapi ada 20 sifat wajib Allah dan 20 sifat mustahil Allah yang wajib di ketahui. 

Hal ini juga sudah diajarkan oleh orang tua kita sejak kecil.

Sifat wajib bagi Allah merupakan sifat-sifat yang pasti dipunya Allah SWT. Berikut ini 20 sifat wajib bagi Allah beserta artinya:

1. Wujud

Wujud artinya ada. Maknanya, eksistensi Allah itu bukan karena ada yang menciptakannya, tetapi ada dengan sendirinya.

Sifat wujud Allah SWT ini wajib di yakini dengan keimanan. Keyakinan terhadap adanya Allah SWT bagi manusia sudah terjadi saat manusia dilahirkan.

2. Qidam

Qidam maknanya dahulu. Itu artinya, Allah SWT terdahulu dan tidak didahului oleh sesuatu. Berbeda dengan manusia yang punya jangkauan akal terbatas, bahkan manusia tidak bisa mengetahui secara pasti kapan penciptaan alam semesta terjadi.

3. Baqa

Baqa maknanya kekal. Semua makhluk ciptaan Allah SWT akan mati, baik itu manusia, tumbuhan, hewan, dan lain-lainnya. Manusia bertumbuh dan berkembang, hal tersebut sudah menjadi hukum alam, berbeda dengan Allah SWT yang kekal abadi serta tidak berubah-ubah.

4. Mukhalafatuhu Lil Hawadisi

Mukhalafatuhu Lil Hawadisi maknanya berbeda dengan semua makhluk. Allah SWT tidak mungkin sama dengan makhluk ciptaannya.

5. Qiyamuhu Binafsihi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: