Teh Hitam atau Teh Hijau, Mana yang Lebih Efektif untuk Turunkan Berat Badan?

Teh Hitam atau Teh Hijau, Mana yang Lebih Efektif untuk Turunkan Berat Badan?

Teh Hitam atau Teh Hijau, Mana yang Lebih Efektif untuk Turunkan Berat Badan?--

RADARUTARA.ID- Seiring dengan meningkatnya angka obesitas di dunia, para ilmuwan dan dokter terus meneliti bermavam cara untuk turunkan berat badan. Berdasarkan penelitian terbaru, ditemukan fakta kalau teh hitam dan teh hijau bisa membantu turunkan berat badan.

Khasiat teh hitam bagi kesehatan tubuh memang kerap dipandang sepele. Padahal sebenarnya teh hitam punya efektifitas untuk turunkan berat badan, tetapi dengan cara yang berbeda. Dalam teh hitam dan teh hijau mengandung polifenol.

Polifenol adalah antioksidan yang kuat dan berfungsi untuk melindungi struktur sel (seperti DNA) terhadap radikal bebas. Peneliti juga mengungkapkan bahwa energi yang dikeluarkan atau kalori yang terbakar lebih banyak sesudah mengonsumsi teh hitam.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Susu Terbaik untuk Diet, Mudah Dicari dan Murah Meriah

Selain polifenol, dalam teh hijau dan teh hitam juga mengandung kafein. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kafein punya efek untuk membakar lemak dan meningkatkan pembakaran kalori.

Dalam 200 mL teh hijau mengandung kafein sekitar 25-29 mg. Sedangkan dalam 200 mL teh hitam mengandung kafein yang lebih besar yakni 25-48mg. Dilihat dari kandungan kafein, teh hitam memang punya kandungan yang lebih besar ketimbang dengan teh hijau. Tetapi, keduanya sama-sama efektif dalam menurunkan berat badan.

Ada suatu penelitian yang dilakukan pada sekelompok tikus, yang menemukan fakta bahwa kurang lebih sama persis. Dalam penelitian tersebut, tikus diberikan makanan yang berbeda sekitar empat minggu.

BACA JUGA:Ini Sanksi yang Didapat Jika Nekat Tak Bayar Iuran Tapera

Makanan tersebut adalab gabungan dari makanan tinggi lemak dan tinggi gula, dan ada yang ditambahkan dengan ekstrak teh hitam serta ada juga yang ditambahkan dengan ekstrak teh hijau.

Di akhir minggu keempat, peneliti mendapatkan kalau kelompok tikus yang mendapatkan teh hijau dan teh hitam, sama-sama mengalami penurunan berat badan serta penurunan kadar lemak.

Sehingga bisa dikatakan kalau teh hitam dan teh hijau sama-sama bisa membantu menurunkan berat badan. Tetapi kima tidak terbiasa atau tidak bisa mengonsumsi kafein, maka teh hijau mungkin adalah pilihan yang lebih terbaik untuk kamu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: