Melebur Bersama Warga, Mayjen TNI Jonathan Sianipar Tinjau TMMD di Desa Bukit Tinggi

Melebur Bersama Warga, Mayjen TNI Jonathan Sianipar Tinjau TMMD di Desa Bukit Tinggi

Melebur Bersama Warga, Mayjen TNI Jonathan Sianipar Tinjau TMMD di Desa Bukit Tinggi--

RADARUTARA.ID - Desa Bukit Tinggi merupakan desa yang menjadi sasaran kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-120 Kodim 0423/Bengkulu Utara (BU) tahun 2024. Desa ini berada di Kecamatan Ketahun atau tepatnya berjarak kurang lebih 70 km dari pusat ibukota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara.

 

Desa ini berdiri sekitar tahun 1980 lalu, tepatnya setelah adanya pemerataan penduduk melalui program transmigrasi dari pulau Jawa ke wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

 

Seiring berjalannya waktu, Desa Bukit Tinggi mengalami pertumbuhan penduduk yang kian pesat. Kondisi itu membuat kawasan pemukiman Desa Bukit Tinggi semakin meluas.

 

Lokasi yang sebelumnya merupakan lahan perkebunan, berangsur jadi kawasan permukiman penduduk, hingga akhirnya tepat pada tahun 2000-an, areal perkebunan itu menjadi dusun baru di Desa Bukit Tinggi, yaitu Dusun Sinar Selatan.

 

Sejak wilayah dusun itu berdiri, akses jalan permukiman penduduk di Dusun Sinar Selatan belum mampu tersentuh pembangunan oleh pemerintah. Jalan di sana masih dalam kondisi tanah merah. Saat musim hujan tiba, kondisi jalan menuju Dusun Sinar Selatan bukan hanya licin, namun juga berlumpur. Tak ayal, masyarakat pun akhirnya mengalami banyak kesulitan saat akan melakukan aktifitas sehari-hari, baik itu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan maupun membawa hasil bumi.

 

Kesulitan ini menjadi keprihatinan masyarakat. Hingga akhirnya pada tahun 2016 lalu, Pemerintah Desa Bukit Tinggi melakukan upaya pengajuan usulan peningkatan kualitas jalan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. Hanya saja, lantaran adanya keterbatasan anggaran daerah untuk mengakomodir usulan itu, kondisi jalan menuju Dusun Sinar Selatan tak kunjung mendapatkan pembangunan.

 

Kolaborasi dengan Pemkab Bengkulu Utara, Kodim 0423 Bengkulu Utara Laksanakan Program TMMD ke-120 di Desa Bukit Tinggi

 

Melalui kolaborasi dan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. Kodim 0423 Bengkulu Utara akhirnya berhasil melaksanakan program TMMD ke-120 tahun 2024 di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Ketahun.

 

Kodim 0423 Bengkulu Utara mendapatkan dukungan anggaran melalui APBD Kabupaten Bengkulu Utara sebesar Rp1,3 Miliar yang diperuntukkan sebagai dana kegiatan pembangunan fisik di Desa Bukit Tinggi.

 

Kegiatan pembangunan tersebut telah dilaksanakan mulai tanggal 8 Mei 2024 lalu yang ditandai dengan kegiatan upacara pembukaan TMMD ke-120 Kodim 0423 Bengkulu Utara, di lapangan Desa Bukit Tinggi.

 

Upacara tersebut dihadiri oleh ratusan peserta upacara meliputi Anggota Satgas TMMD yang terdiri dari TNI AD, TNI AL, Polri dan Masyarakat serta jajaran Forkopimda, Forkopimcam, OPD, Pemerintah Desa dan sejumlah tamu undangan lainnya.

 

Bupati yang hadir dalam upacara pembukaan itupun secara resmi membuka program TMMD ke-120 Kodim 0423 Bengkulu Utara yang ditandai dengan pemukulan gong.

 

Adapun sasaran kegiatan fisik, program yang dilaksanakan Kodim 0423 Bengkulu Utara di Desa Bukit Tinggi meliputi, pembukaan badan jalan sepanjang 3 kilometer, yang menjadi akses penghubung antara desa dari Desa Bukit Tinggi menuju Desa Marga Bakti, Kecamatan Ketahun.

 

Pengerasan jalan poros utama Dusun Sinar Selatan sepanjang 3 kilometer, pembuatan jalan rabat beton sepanjang 320 meter, pembangunan 3 titik sumur bor, pembangunan 2 unit rumah tidak layak huni, rehabilitasi gedung Posyandu di wilayah Dusun Sinar Selatan sebanyak 1 unit serta pembangunan tugu TMMD 1 unit.

 

Tak hanya itu, program ketahanan pangan tak luput menjadi sasaran pelaksanaan TMMD, berupa pembuatan kolam ikan desa, pengolahan lahan persawahan padi dan pembuatan lahan lahan pangan jagung dan penanaman pohon yang merupakan program unggulan KASAD.

 

Selain dari kegiatan fisik itu, ada pula kegiatan pembangunan non fisik meliputi sunatan masal, donor darah, pemberian sembako, pengobatan massal, penyuluhan pertanian, kamtibmas, bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya narkoba, Posbindu, PTM dan Stunting, kerukunan antar umat beragama serta pemutaran film perjuangan.

 

Semua kegiatan tersebut ditargetkan selesai selama kurun waktu satu bulan. Sementara untuk kegiatan Penutupan TMMD ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2024 mendatang.

 

Tim Wasev MABESAD, Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar Tinjau kegiatan TMMD 

 

Tepat pada hari ke-22 program TMMD ke-120 Kodim 0423 Bengkulu Utara dilaksanakan, atau tepatnya pada tanggal 29 Mei 2024, Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Markas Besar Angkatan Darat (MABESAD) yang dipimpin oleh ASLAT KASAD, Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar melakukan peninjauan program terpadu dan lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 0423 Bengkulu Utara di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Ketahun.

 

Jenderal bintang dua itu hadir sekitar Pukul 10.30 WIB, didampingi oleh Pabandya dari Slatad Letkol Inf Ajuanda Pardosi.

 

Hadir juga Tim Wasev dari Kodam II Sriwijaya, Pamen Ahli Bidang OMSP, Kolonel Inf Raymond Simanjuntak dan Pabandya Puanter Sterdam II Sriwijaya, Mayor Inf Rahman Tanjung, serta jajaran Korem 041/Garuda Emas (Gamas) Bengkulu yang dipimpin Kasrem 041 Garuda Emas, Kolonel Kav Husnizon, S.IP.

 

Kehadiran Tim Wasev tersebut disambut langsung oleh Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bengkulu Utara, diantaranya Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata, Ketua DPRD Sonti Bakara, Kapolres AKBP Lambe Patabang Binara, Kejari Arga Makmur, Pengadilan Agama Bengkulu Utara jajaran Kodim 0423 Bengkulu Utara, Polsek Ketahun, Pemerintah Kecamatan Ketahun, Pemerintah Desa Bukit Tinggi serta sejumlah tamu undangan lainnya, bertempat di Kantor Desa Bukit Tinggi.

 

Sebelum melakukan peninjauan lokasi kegiatan pembangunan program TMMD di Desa Bukit Tinggi, Ketua Tim Wasev mendengarkan pemaparan perkembangan pelaksanaan TMMD yang selama ini telah dilaksanakan oleh Satgas TMMD Kodim 0423 Bengkulu Utara yang disampaikan langsung oleh Dansatgas TMMD ke-120, Letkol Kav Aidil Hajri, M.Han.

 

Selain itu, Wakil Bupati Bengkulu, Arie Septia Adinata dalam kegiatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran TNI yang telah ikut serta membantu dalam mengatasi persoalan infrastruktur di Kabupaten Bengkulu Utara.

 

"Saya sangat bangga dan berterimakasih dengan TNI khususnya Kodim Bengkulu Utara. Berkat dukungan dan kerjasamanya dengan pemerintah daerah, alhamdulillah persoalan infrastruktur di Desa Bukit Tinggi bisa teratasi," ujar Arie.

 

Setelahnya, Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Aslat Kasad Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar dalam sambutannya juga mengaku sangat berterimakasih atas penyambutan yang sangat meriah di Bengkulu Utara ini. Menurutnya hal ini menjadi bukti adanya sinergitas yang baik di jajaran Forkopimda Kabupaten Bengkulu Utara.

 

"Awalnya saya sudah minta dengan Dandim agar tidak menyambut secara berlebihan. Tapi ternyata hari ini disambut secara luar biasa dan jajaran Forkompimda juga hadir semua termasuk Ketua DPRD. Ini sangat jarang terjadi di beberapa daerah lain. Bagi saya Bengkulu Utara luar biasa," ucapnya dengan bahagia.

 

Kegiatan yang berlangsung itupun dilanjutkan dengan peninjauan lokasi sasaran kegiatan TMMD. Dimana dalam peninjauan yang dilakukan itu, Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar mengaku sangat apresiasi dengan kebersamaan dan semangat gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat Desa Bukit Tinggi.

 

"Ini sangat luar biasa. Masyarakat di sini sangat mendukung program pembangunan TMMD," ujarnya sembari mengajak masyarakat untuk foto bersama dengan Wakil Bupati Bengkulu Utara dan Kapolres di lokasi pembangunan.

 

Pada saat kegiatan berlangsung jenderal bintang dua ini juga tidak memberikan catatan evaluasi apapun atas kegiatan TMMD ke 120 yang dilaksanakan oleh Kodim 0423 Bengkulu Utara karena sudah berjalan sesuai harapan.

 

"Kami berharap kedepannya pemerintah kabupaten Bengkulu Utara bisa terus mendukung kegiatan TNI dalam rangka mempercepat pembangunan daerah dan mengentaskan persoalan di masyarakat," tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: