Itjen Kemendes PDTT RI Periksa Serapan Anggaran dan Kegiatan DD di Napal Putih

Itjen Kemendes PDTT RI Periksa Serapan Anggaran dan Kegiatan DD di Napal Putih

Itjen Kemendes PDTT RI saat melakukan kunjungan di Desa Kinal Jaya--

RADARUTARA.ID- Kunjungan kerja (Kunker) dilaksanakan oleh jajaran Inspektorat Dirjen Kementerian Desa PDTT RI ke Kecamatan Napal Putih pada Rabu (29/5), kemarin.

Sesuai data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh radarutara.id, kunjungan Itjen Kemendes PDTT RI di Kecamatan Napal Putih, itu di fokuskan kepada Desa Kinal Jaya dalam rangka pemeriksaan realisasi serapan anggaran dan kegiatan yang bersumber dari dana desa (DD).

"Kebetulan untuk Kecamatan Napal Putih desa tertinggal yang menjadi fokus kunjungan tim Itjen Kemendes PDTT RI adalah Desa Kinal Jaya," ungkap Camat Napal Putih, Bambang Abdul Mutalib, Kamis (30/5).

Kunker yang dilakukan oleh Itjen Kemendes PDTT RI ke wilayah kerjanya tersebut kata Camat, dalam rangka pemantauan regulasi tentang pelaksanaan DD TA 2023-2024.

"Jadi, seluruh serapan anggaran, laporan kegiatan (SPJ) hingga hasil fisik pembangunannya dilakukan pemeriksaan okeh Itjen Kemendes PDTT RI. Tujuannya untuk memastikan apakah realisasi DD yang dilaksanakan oleh desa sudah sesuai regulasi atau aturan yang ada," ungkap Camat.

BACA JUGA:Pelaksanaan Ujian di SMKN 05 Bengkulu Utara Tetap Berjalan, Kepsek: Tidak Ada Kendala

Diakui Camat, dalam proses pemeriksaan itu tim Itjen Kemendss PDTT RI sempat menemukan beberapa kegiatan desa yang dianggap belum sesuai regulasi.

"Masih ada kegiatan yang belum sesuai regulasi. Misal contohnya, ada kegiatan yang sudah dilaksanakan dan kegiatannya memang sudah dilakukan tapi tahapan yang semestinya dilakukan di awal belum sesuai aturan. Nah, temuan itu langsung disampaikan ke desa dan langsung diminta untuk memperbaiki," pungkasnya.

"Jadi, pemeriksaan yang dilakukan ini bersifat pembinaan. Persoalan yang ditemukan harus dibenahi sesuai regulasi yang sudah ditentukan," imbuh Camat.

Camat, pun, mengucapkan terimakasih atas kehadiran Tim Itjen PDTT RI yang rela turun dan melakukan pembinaan terhadap desa di wilayah kerjanya. Diharapkan Camat, pembinaan yang dilaksanakan oleh pihak Kemendes PDTT, ini membuat Pemdes lebih cermat lagi dalam mengelola DD.

"Kami justru berterima kasih atas pembinaan ini. Dengan adanya pembinaan tersebut desa bisa lebih teliti dan maksimal lagi dalam merealisasikan atau mengelola DD sesuai aturan yang sudah ditentukan," demikian Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: