Bolehkan Ibu Hamil Menggunakan Skincare? Apakah Aman untuk Janin? Begini Penjelasannya

Bolehkan Ibu Hamil Menggunakan Skincare? Apakah Aman untuk Janin? Begini Penjelasannya

Bolehkan Ibu Hamil Menggunakan Skincare?Apakah Aman Untuk Janin? Begini Penjelasannya.--

RADARUTARA.ID- Bagi seorang wanita yang sedang hamil, menjaga kesehatan dan keselamatan janin yang dikandungnya tentu menjadi prioritas utama. Salah satu hal yang sering dipertanyakan adalah apakah aman bagi ibu hamil untuk menggunakan produk kosmetik selama masa kehamilannya.

Mengingat banyak produk kecantikan yang beredar saat ini mengandung bahan-bahan kimia tertentu, para calon ibu tentu ingin memastikan bahwa produk yang digunakannya tidak akan membahayakan dirinya sendiri maupun bayi yang sedang dikandungnya. 

Sebagian besar produk kosmetik memang mengandung zat-zat kimia yang berpotensi diserap oleh tubuh, dan keberadaan bahan-bahan tersebut dalam darah ibu hamil bisa saja memengaruhi perkembangan janin yang dikandungnya, oleh karena itu penting bagi ibu hamil untuk memilih produk kosmetik secara bijaksana.

BACA JUGA:Bacaan Zikir Pendek Saat Bepergian Agar Diberi Perlindungan dan Hati Tentram

Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dalam memilih kosmetik yang aman adalah dengan memilih kategori kosmetik sesuai kebutuhan, menghindari produk dengan kandungan bahan kimia berbahaya, serta mengutamakan produk bertekstur ringan.

Untuk kategori kosmetik, ibu hamil masih bisa menggunakan makeup baik dari kategori base makeup seperti foundation dan bedak, maupun dekoratif seperti lipstik dan eyeshadow, namun dengan catatan memperhatikan kandungan dan jenis produk yang digunakan.

Untuk base makeup sebaiknya dipilih produk yang mengandung titanium dioksida atau zinc dioxide sebagai pelindung UV yang aman, sedangkan untuk kosmetik dekoratif pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi kulit selama kehamilan seperti produk dengan kemampuan mengontrol minyak untuk kulit berminyak atau yang mengandung bahan pelembab untuk kulit kering.

BACA JUGA:10 Koleksi Parfum Pria Aroma Segar dan Elegan untuk Memulai Petualangan Wewangian yang Menawan

Bahan-bahan kimia yang sebaiknya dihindari dalam kosmetik selama masa kehamilan meliputi paraben, alkohol, merkuri, oxybenzone, asam hidroksi, serta retinoid karena berpotensi menyebabkan iritasi, gangguan keseimbangan hormon, hingga kerusakan pada sistem saraf janin serta meningkatkan risiko cacat dan kanker.

Jika terjadi reaksi seperti kemerahan, gatal, atau sensasi panas setelah menggunakan produk tertentu, segera hentikan pemakaiannya.

Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk memilih produk dengan tekstur yang ringan dan tidak lengket karena selama kehamilan terjadi peningkatan produksi keringat, serta mengutamakan kandungan bahan alami seperti pelembab shea butter atau vitamin E.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: