Kuliner Khas Mukomuko, Begini Cara Memasak Rendang Cumi yang Empuk dan Nampol

Kuliner Khas Mukomuko, Begini Cara Memasak Rendang Cumi yang Empuk dan Nampol

Kuliner Khas Mukomuko: Begini Cara Memasak Rendang Cumi yang Empuk dan Nampol--

* 5 siung bawang merah

* 3 siung bawang putih

* 2 cm jahe

* 2 sdt bubuk kunyit

* 1 sdm ketumbar

BACA JUGA:4 Misteri tentang Gunung Kelud, Ada Jalan Misteri yang Belum Terpecahkan

Cara Membuat:

Sebelum mengolah cumi, cuci terlebih dahulu sampai nodanya menghilang. Buang juga bagian tintanya, supaya tidak membuat rasanya aneh ketika dimasak. Taruh di atas talenan dan potong cumi menjadi beberapa bagian sesuaikan dengan selera.

Berikutnya, masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam food processor. Haluskan bumbu sampai benar-benar lembut, kemudian sisihkan sebentar ke dalam wadah.

Siapkan wajan di atas kompor, kemudian tuang minyak ke dalamnya. Setelah dipanaskan, tumis semua bumbu halus sampai harum. Tunggu sebentar sampai mendidih, kemudian masukkan serai, lengkuas, dan daun jeruk.

Lalu, aduk-aduk bumbu halus supaya tercampur secara merata. Kalau sudah hampir matang, tuang santan kental ke dalam wajan dan aduk sampai berubah warna. Masak bumbu rendang hingha mengental dan mendidih.

Kalau bumbu rendang sudah mendidih, segera masukkan potongan cumi ke dalamnya. Aduk-aduk hingga cumi terbaluri semua dengan bumbu secara merata. Masak cumi hingga bumbu rendangnya menyusut dan meresap.

Jika cumi sudah matang, cepay matikan kompor dan sajikan di atas piring. Cumi bumbu rendang semakin lezat dengan taburan bawang goreng diatas nasi putih hangat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: