5 Negara dengan Jumlah Pulau Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

5 Negara dengan Jumlah Pulau Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

5 Negara dengan Jumlah Pulau Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?--

RADARUTARA.ID- Sebuah pulau merupakan daratan yang dikelilingi oleh air di semua sisinya. Ukurannya bisa bermacam, ada yang pulau kecil sampai daratan besar seperti Greenland dan Australia. pulau-pulau bisa terbentuk melalui bermacam proses, terutama karena aktivitas gunung berapi, pergerakan lempeng tektonik, hingga erosi. 

Mereka berlokasi di lautan, laut, danau, dan sungai, memperlihatkan banyak bentuk dan lingkungan. Negara-Negara dengan jumlah pulau terbanyak bervariatif secara luas, dan penting untuk dicatat kalai jumlahnya bisa bergantung pada definisi "pulau." Berikut ini ada beberapa Negara dengan jumlah pulau terbanyak, diantaranya sebagai berikut:

1. Swedia

Swedia adalah salah satu negara dengan pulau terbanyak, terutama Kepulauan Stockholm sebanyak 267.570 pulau yang menakjubkan. Pulau-pulau ini dengan berbagai ukuran, dari daratan besar sampai pulau-pulau kecil, dan menciptakan lanskap pesisir yang indah.

BACA JUGA:Kisah Perjuangan Matsa Seorang Nelayan yang Kini Berhasil ke Tanah Suci

2. Finlandia

Negara selanjutnya punya kepulauan yang luas, dan diperkirakan mempunyai sekitar 179.584 pulau. Kepulauan Finlandia, yang lokasinya di Laut Baltik, menyajikan peluang unik untuk melompat dari satu pulau ke pulau lainnya dan sebagai eksplorasi.

3. Indonesia

Merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, masing-masing menyuguhkan lanskap, budaya, dan ekosistem yang bervariasi. Pulau-pulau yang populer dan besar diantaranya seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali.

BACA JUGA:Terlihat Bak Orang Baik, Ternyata Psikopat Bisa Dilihat dari Tanda Ini

4. Kanada

Negara ini punya jumlah pulau yang sangat besar, khususnya di wilayah Arktik. Jumlah yang tepat sulit untuk ditentukan lantaran sifat yang luas dan terpencil, namun perkiraannya mencapai puluhan ribu.

5. Norwegia

Garis pantai yang rumit di Norwegia dikelilingi dengan lebih dari 50.000 pulau, yang memberikan keindahan teluk ngarai dan pemandangan pesisirnya yang luar biasa. Kepulauan Lofoten merupakan salah satu yang paling terkenal di negara Nordik ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: