Cuaca Sedang Ekstrem? Amalkan Doa Ini Agar Dilindungi dan Diberi Keselamatan

Cuaca Sedang Ekstrem? Amalkan Doa Ini Agar Dilindungi dan Diberi Keselamatan

Cuaca Sedang Ekstrem? Amalkan Doa Ini Agar Dilindungi dan Diberi Keselamatan--

RADARUTARA.ID- Cuaca ekstrem sedang melanda di beberapa wilayah di Indonesia. Cuaca buruk seperti hujan badai tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, sebagai umat muslim yang baik, kita disarankan untuk senantiasa berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT supaya diberi keselamatan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu doa yang dapat diamalkan yaitu doa badai, dengan memanjatkan doa tersebut umat muslim memohon perlindungan supaya hujan badai tidak berubah menjadi bencana seperti banjir. Berikut ini benerapa bacaan doa saat ada badai yang harus diamalkan.

Aisyah radhiallahu 'anha seperti diriwayatkan di dalam Hadits Bukhari mengisahkan bahwa wajah Rasulullah SAW yang tampak ketakutan ketika hujan lebat turun, kemudian berubah ceria saat hujan reda.

BACA JUGA:Besok 42 Calon Jemaah Haji dari Putri Hijau dan MSS Diberangkatkan, Ini Titik Kumpulnya

Sang Ummul Mukminin itu pun bertanya kepada Rasulullah SAW, "Ya Rasulullah, jika tampak awan mendung semua orang merasa gembira lantaran memberi tanda hujan akan turun, namun kenapa engkau malah terlihat ketakutan?".

Rasulullah SAW lalu menjawab, "Wahai Aisyah, bagaimana saya bisa meyakini kalau angin kencang dan awan mendung itu bukan mendatangkan adzab dari Allah SWT? Kaum `Ad sudah dibinasakan oleh angin topan. Saat mereka melihat awan mendung, mereka gembira lantaram mengira akan segera turun hujan. Padahal bukan hujan, tetapi azab Allah SWT untuk membinasakan mereka". Diriwayatkan oleh Imam Muslim, doa saat badai atau doa angin kencang yang pernah dibaca oleh Rasulullah SAW yaitu sebagai berikut:

"Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih".

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya".

BACA JUGA:Kain Lantung Simbol dari Perjuangan Masyarakat Bengkulu Terhadap Penjajahan Jepang

Lalu selanjutnya, ketika badai dan angin kencang disertai petir bisa membaca doa Rasulullah seperti diriwayatkan Imam Malik berikut ini:

"Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih".

Artinya: "Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya".*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: