Ini 6 Hewan yang Hidup Kembali Setelah Lama Dinyatakan Punah

Ini 6 Hewan yang Hidup Kembali Setelah Lama Dinyatakan Punah

Ini 6 Hewan yang Hidup Kembali Setelah Lama Dinyatakan Punah--

RADARUTARA.ID- Kehidupan di bumi kerap mendatangkan kejutan, khususnya dalam konteks jumlah populasi dan kelestarian. Beberapa hewan, menurut perhitungan dianggap punah dari muka bumi, tetapi ternyata mereka kembali muncul secara mengejutkan sehingga membuat para ilmuwan dan pecinta alam terheran. Berikut ini beberapa hewan punah, namun ditemukan kembali:

1. Coelacanth

Ikan berukuran 6 kaki dengan berat 200 pound ini dulu dinyatakan punah selama 75 juta tahun. Kejutan muncul ketika ikan ini ditemukan di laut lepas Afrika Selatan pada tahun 1938, dan keberadaannya dikonfirmasi pada tahun 1952 di lepas pantai Comoros.

2. Black-Browed Babbler

Burung ini terakhir hidup di tahun 1850, namun dalam pengalaman baru pada Oktober 2020, tim pengamat burung Indonesia menyatakan kembali Black-Browed Babbler dengan mata merah anggur dan corak coklat-abu.

BACA JUGA:6 Penyebab Rambut Patah dan Cara Mengatasinya Tanpa Gunakan Bahan Kimia yang Membahayakan

3. Anjing Bernyanyi Nugini

Anjing ini dipercaya sudah punah selama 50 tahun, anjing penyanyi Papua Nugini kembali hadir pada tahun 2018. Anjing ini punya peran penting dalam penyelamatan genetik spesies ini yang berpotensi menghadapi risiko genetik tertentu.

4. Tikus Pinatubo 

Setelah letusan gunung berapi Mt. Pinatubo di Filipina pada tahun 1991, tikus pulau kecil ini dianggap punah. Tetapi, sebuah penemuan tak terduga oleh Museum Field Chicago sekitar 10 tahun yang lalu menyatakan sebaliknya, yaitu memperlihatkan keberhasilan adaptasi hewan ini terhadap bencana alam.

5. Starry Night Toad

Nama lokalnya sesuai dengan keindahan langit malam, kodok ini tak pernah benar-benar punah bagi masyarakat Arhuaco di Kolombia. Walaupun kritis terancam, upaya pelestarian sekarang ini difokuskan pada kodok berbintik ini untuk memastikan kelangsungan hidupnya.

6. Leopard Zanzibar

Dinyatakan punah selama 30 tahun karena perburuan, leopard Zanzibar hidup kembali dalam rekaman video. Walaupun belum dikonfirmasi, penelitian DNA sedang dilakukan untuk membuktikan kembalinya hewan ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: