Bikin Rumah Makin Sejuk, Ini Warna Cat Dinding yang Bisa Menangkal Panas

Bikin Rumah Makin Sejuk, Ini Warna Cat Dinding yang Bisa Menangkal Panas

Bikin Rumah Makin Sejuk, Ini Warna Cat Dinding yang Bisa Menangkal Panas--

RADARUTARA.ID- Belakangan ini, cuaca di Indonesia kerap terasa sangat panas. Berdasarkan pantauan BMKG, hal ini disebabkan karena posisi semu matahari yang tengah berada di dekat garis khatulistiwa.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menangkal rasa panas di siang hari, namun belum banyak orang yang tau jika ternyata warna cat dinding ruangan akan sangat membantu.

Memilih cat interior bukan cuma tentang warna kesukaan, namun pilihan warna yang tepat dapat menjaga rumah tetap sejuk selama bulan-bulan panas seperti sekarang ini.

Baik ruangan besar dan kecil sama-sama bisa menjadi panas dengan cepat, sehingga menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, penting untuk mengetahui warna cat dinding rumah kamu.

BACA JUGA:Ini 6 Hewan yang Hidup Kembali Setelah Lama Dinyatakan Punah

Berikut ini beberapa warna cat dinding yang bisa membuat ruangan menjadi sejuk.

Putih

Warna putih sangat cocok untuk menangkal panas di dalam ruangan. Hal ini lantaran hawa panas dan sinar UV yang kuat akan dibiaskan oleh warna putih sehingga cocok sebagai opsi mengganti cat dinding di rumahmu.

Memakai warna putih untuk cat eksterior sangat tepat lantaran warna ini bisa bertahan lebih lama dalam panas. Warna putih tak akan pudar sesudah beberapa tahun terpapar sinar matahari yang terik.

BACA JUGA:6 Penyebab Rambut Patah dan Cara Mengatasinya Tanpa Gunakan Bahan Kimia yang Membahayakan

Beige

Beige merupakan pilihan yang bagus kalau kamu tidak ingin warna yang menonjol. Walaupun warna kuning juga cocok untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk, namun warna kuning cenderung menjadi warna yang mencolok. Alternatifnya yaitu kamu dapat memilih warna beige.

Kalau ingin ruangan terasa lebih sejuk dan tidak panas, kamu dapat memilih warna warna seperti putih, kuning, cream, beige, dan biru muda. Alangkah baiknya, hindari warna cat yang mencolok misalnya seperti merah dan hitam kalau tidak ingin rumah terasa panas.

Di sisi lain, pemilihan warna cat interior lebih fleksibel lantaran kebanyakan interior tidak menyerap sinar matahari di siang hari. Setiap ruangan yang punya jendela besar atau menyerap lebih banyak panas di siang hari wajib dicat dengan warna yang lebih terang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: