10 Bahaya Ghibah yang Dosanya Mengerikan dan Melebihi Dosa Berzina, Namun Masih Jadi Kebiasaan Banyak Orang

10 Bahaya Ghibah yang Dosanya Mengerikan dan Melebihi Dosa Berzina, Namun Masih Jadi Kebiasaan Banyak Orang

10 Bahaya Ghibah Yang Dosanya Mengerikan Dan melebihi Dosa Berzina. Begini Hadistnya--

RADARUTARA.ID- Ghibah atau gunjing merupakan tindakan yang membicarakan orang lain di belakang, bahkan tindakan semacam ini bisa menimbulkan potensi fitnah di kemudian harinya.

Ghibah sendiri sangat dibenci oleh Allah SWT dan akan memberi sanksi berupa dosa kepada umat muslim yang berani melakukannya. Kegiatan ini pada dasarnya sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh setiap orang terutama kebanyakan dari mereka adalah wanita. 

Kegiatan semacam ini juga banyak didukung oleh acara-acara gosip di media-media mainstream. Sehingga bayangan tersebut menjadikan ghibah atau gosip dalam bahasa populernya menjadi sebuah hal yang biasa di masyarakat. Sehingga ancaman dosa yang diberikan kepada mereka yang berani melakukannya dianggap sebagai dongeng semata. Dan orang-orang mulai tidak peduli dengan hal tersebut. 

Ghibah sendiri diibaratkan sebagai seseorang yang memakan bangkai saudaranya sendiri telah mengapa Rasulullah SAW melarang umat muslim untuk berghibah atau melakukan gosip.

Seperti yang terdapat di dalam sebuah hadis dari Jabir bin Abdillah radhiallahu anhu bahwasannya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi: "Ketika kami sedang bersama Nabi SAW, tiba-tiba tercium bau busuk. Maka Rasulullah SAW bersabda: "Tahukah kalian bau apa ini? Ini adalah bau orang-orang yang bergunjing (membicarakan kejelekan) kaum mukminin.”

Larangan ghibah sendiri juga telah dijelaskan di dalam Alquran surah al-hujurat ayat 12 yang mana artinya:

"Wahai orang-orang beriman jauhilah akan prasangka sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, janganlah kalian mencari-cari kesalahan, jangan menggunjing sebagian terhadap sebagian, apakah engkau senang jika makan daging bangkai saudaranya? Maka kalian membencinya, dan takutlah kepada Allah sesungguhnya Allah menerima taubat dan Maha penyayang."

(Quran Surat Al-Hujarat ayat 12)

Dari Abu Bakrah Radhiyallahu 'anhu diriwayatkan, bahwa ia berkata: Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa sallam pernah melewati dua kuburan, kemudian beliau bersabda: "Sesungguhnya keduanya sedang disiksa. Keduanya disiksa bukan karena dosa besar, yang pertama disiksa karena masalah buang air, sedangkan yang satunya disiksa karena masalah ghibah."

Berikut ini beberapa akibat buruk yang ditimbulkan dari dosa ghibah diantaranya:

1. Merusak Agama

Ghibah sendiri dapat merusak agama layaknya sebuah daun yang digerogoti oleh ulat sebab tindakan ghibah ini dekat potensinya dengan fitnah yang pada akhirnya akan merusak tali persaudaraan antar sesama muslim.

Selain itu ghibah ini juga akan menimbulkan konflik yang mana orang yang dibicarakan tidak senang dengan apa yang dibicarakan tersebut sehingga memicu keributan. Oleh karena akibat tersebut hubungan antar sesama muslim akan menjadi renggang dan masyarakat lebih hidup individualis daripada bergaul dan hidup bersama. 

2. Digerogoti Penyakit Hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: