Sering Dibaca Rasulullah Saat Sholat Tahajud, Ini 3 Jenis Surah dan Artinya

Sering Dibaca Rasulullah Saat Sholat Tahajud, Ini 3 Jenis Surah dan Artinya

Sering Dibaca Rasulullah Saat Sholat Tahajud, Ini 3 Jenis Surah dan Artinya--

RADARUTARA.ID - Ada banyak sekali surah di dalam Al Quran yang bisa dibaca ketika melaksanakan shalat tahajud, namun ternyata ada 3 jenis saja yang seringkali dibaca oleh Rasulullah SAW.

Surah apa sajakah itu yang kerap dibaca Rasulullah saat menunaikan shalat tahajud?

Adapun surah Alquran yang dibaca oleh Rasulullah SAW saat menunaikan Shalat Tahajud yaitu:

1. Jenis surah pertama

Jenis surah pertama yang direkomendasikan oleh Ustadz Adi Hidayat, yaitu surah yang ringan.

Arti "ringan" di sini bukanlah surah yang pendek, tetapi surah yang mudah untuk dihafalkan, terutama bagi para pemula yang menunaikan shalat tahajud.

Ustadz Adi Hidayat membagikan contoh kalau bagi Nabi Muhammad SAW, kelengkapan atau kelengangan surah tersebut mencakup 100 ayat dari Surah Al Baqarah, atau 10 sampai 11 ayat terakhir dari Surah Ali Imran yang dibaca dalam satu rakaat. 

BACA JUGA:Mengenal Tradisi Bekulo, Adat Suku Rejang dalam Acara Pernikahan

2. Jenis surah kedua

Jenis surah kedua yaitu surah-surah yang tersusun dalam Alquran secara tertib, dengan maksud untuk mengulang hafalan atau memperbanyak bacaan.

Ustadz Adi menyampaikan bahwa, berbeda dengan jenis surah pertama yang ringan, surah-surah pada kategori ini punya panjang yang lebih besar tetapi diurutkan secara teratur. Walaupun surah-surah ini termasuk panjang, namun susunan yang teratur akan mempermudah dalam pengulangan hafalan atau pembacaan.

3. Jenis surah ketiga

Jenis surah terkahir yang disarankan oleh Ustadz Adi Hidayat yaitu memilih surah-surah yang sesuai dengan kebutuhan atau keperluan dalam pelaksana sholat tahajud.

Beliau mencatat kalau jenis ini adalah yang paling jarang dilakukan oleh para pelaksana shalat tahajud, walaupun Nabi Muhammad SAW seringkali memberikan contoh dalam hal ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: